Mengapa Daerah Selangkangan Sering Terasa Gatal ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang pernah merasakan sering gatal pada daerah selangkangan, pastinya sangat mengganggu. Terlebih lagi jika rasa gatal muncul saat berada di depan orang banyak. Perasaan ingin menggaruk pasti tak tertahankan. Mengapa daerah selangkangan sering terasa gatal ?

Berikut beberapa penyebab mengapa daerah selangkangan sering terasa gatal menurut para pakar kesehatan :

1. Infeksi jamur
Penyebab pertama rasa gatal pada selangkangan adalah infeksi jamur. Tandanya adalah muncul kemerahan pada selangkangan dan terasa gatal. Hal ini disebabkan karena daerah selangkangan merupakan daerah yang lembab, jadi rentan untuk pertumbuhan jamur.

sumber gambar : http://kumpulancara.info/

Beberapa kondisi lain juga muncul kulit yang bersisik dan kering pada daerah selangkangan. Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa memberikan sebuah krim antijamur untuk mengurangi rasa gatal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Yang Kering dan Gatal

2. Banyak gesekan
Penyebab kedua sering terasa gatal pada daerah selangkangan adalah disebabkan karena banyak terjadi gesekan. Kondisi ini seringkali terjadi saat seseorang berlari. Banyak gesekan pada daerah selangkangan akan bisa menyebabkan tarasa gatal.

Baca Juga  Inilah 5 Cara Meningkatkan Hubungan Antara Ayah dan Anak

Bahkan pada kondisi yang lebih parah bisa sampai muncul suatu peradangan, kulit menjadi merah, bersisik dan terasa gatal. Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan suatu krim pelembab pada kulit. Hal yang sangat penting lainnya adalah gunakan celana yang nyaman untuk menghindari gesekan kulit pada selangkangan.

3. Intertrigo
Rasa gatal pada daerah selangkangan juga bisa disebabkan karena adanya intertigo, yaitu terdapt suatu ruam berwarna merah, rasanya gatal dan serasa terbakar. Kondisi ini disebabkan karena adanya bakteri dan jamur.

Mereka yang sering merasakan intertigo lebih disebabkan karena daerah selangkangan sering berkeringat sehingga membuat kondisi yang lembab.

Disarankan untuk memeriksakan ke dokter kulit jika kondisi ini terjadi lebih dari seminggu. Selain itu untuk mencegah sebaiknya anda sering mengganti celana dalam.

4. Dermatitis kontak
Kondisi kulit yang terasa gatal pada area selangkangan juga bisa disebabkan karena adanya dermatitis kontak. Secara umum penyakit kulit ini memang sering muncul pada area kulit tangan dan wajah. Namun juga bisa muncul pada area selangkangan.

Baca Juga  Beberapa Manfaat Cranberry Bagi Keehatan Kulit dan Rambut

Kondisi ini akan menyebabkan rasa yang sangat gatal, muncul peradangan, kemerahan, kulit menjadi kering dan muncul lecet yang menyebabkan rasa nyeri.

Penyebabnya adalah bisa disebabkan karena kontak dengan bahan yang bisa menyebabkan iritasi, misalnya parfum, sabun dan deterjen. Selain itu alergi juga bisa menyebabkan timbulnya dermatitis.

5. Kutu di rambut kemaluan
Penyebab kelima rasa gatal pada area selangkangan juga bisa disebabkan karena adanya kutu pada rambut kemaluan. Ini menunjukkan adanya suatu parasit pada rambut kemaluan yang memicu rasa gatal dan terjadi iritasi.

Untuk menghindari hal ini anda bisa secara rutin mencukur bulu kemaluan. Jangan suka membiarkan rambut kemaluan menjadi panjang karena rentan jamur, parasit dan menyebabkan bau yang tak sedap.

6. Herpes
Seseorang yang sering kali merasakan rasa gatal pada area selangkangan bisa disebabkan karena penyakit menular seksual seperti herpes. Herpes ini disebabkan karena suatu virus.

Kondisi selangkangan yang terkena virus herpes, selain menimbulkan rasa gatal, tetapi juga muncul rasa seperti terbakar, melepuh dan karena sering di garuk akhirnya menjadi lecet yang menyebabkan rasa perih. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya memeriksakan ke dokter agar tidak sampai menular ke pasangan anda.

Baca Juga  Bahaya Fobia Melahirkan Pada Ibu Hamil

7. Kutil kelamin
Penyebab terakhir rasa gatal pada selangkangan adalah karena adanya kutil kelamin. Kutil kelamin termasuk jenis penyakit infeksi seksual yang menular yang disebabkan karena virus yang bernama HPV (human papilloma virus).

Pada daerah selangkangan biasanya akan muncul suatu benjolan dan terasa gatal. Penyakit ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Sebaiknya anda periksa ke dokter untuk mencegah penularan ke pasangan.

Artikel Terkait : Penyebab Sering Terasa Gatal Pada Organ Genital Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *