Mengapa Banyak Orang Yang Tergoda Untuk Memencet Jerawat ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang pernah mengalami munculnya jerawat pada wajah, pastinya pernah merasakan godaan untuk selalu memencet jerawat. Ternyata kebiasaan ini hampir semua orang tergoda untuk memencetnya. Ternyata ada sebuah alasan ilmiah mengapa banyak orang yang tidak kuat akan godaan untuk memencet jerawat.

 

Memiliki jerawat yang muncul pada bagian wajah memang tidak mengenakkan. Dengan munculnya jerawat ini banyak orang yang merasa kurang percaya diri terlebih bagi seorang wanita. Kulit wajah yang berjerawat akan mengurangi pesona seseorang agar terlihat cantik dan menarik.

mencet-jerawat

sumber gambar : log.viva.co.id

Banyaknya orang yang tergoda untuk memencet jerawat bukan berarti mereka tidak mengerti tentang bahaya memencet jerawat. Kebanyakan dari mereka tahu efek samping memencet jerawat. Namun pada kenyataannya banyak orang yang tergoda tetap saja memencet jerawat mereka.

Baca Juga  Inilah Manfaat Rutin Melakukan Cek Tekanan Darah Bagi Kesehatan

 

Secara ilmiah seseorang yang mengalami munculnya jerawat pada wajah akan mengalami sebuah kecemasan. Kecemasan inilah yang mempengaruhi otak manusia untuk selalu memperhatikan jerawat melalui cermin dan melihat perkembangannya. Di saat itulah kebanyakan dari kita akan terdorong untuk memencet jerawat dengan harapan agar jerawat cepat hilang dari wajah kita.

 

Namun menurut para pakar mengatakan bahwa justru dengan memencet jerawat akan membuat kondisi semakin buruk. Saat kita memencet jerawat dengan menggunakan tangan, maka akan beresiko untuk mengalami infeksi. Hal inilah yang membuat kondisi jerawat biasanya akan semakin parah dan lama disembuhkan.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Memiliki Tubuh Yang Pendek ?

Baca Juga : Dampak Buruk Sering Memencet Jerawat

 

Saat kita berusaha untuk memencet jerawat jarang sekali memperhatikan kebersihan tangan kita. Sebaiknya anda mencuci bersih tangan kita untuk menghindari resiko infeksi. Kita tidak tahu seberapa besar bakteri atau kotoran yang menempel pada tangan yang kita gunakan untuk memencet jerawat.

 

Dengan tergiur akan godaan untuk memencet jerawat ini, maka akan meningkatkan resiko munculnya bekas luka akibat jerawat. Padahal harapan kita dengan memencet jerawat bisa menyembuhkan dengan cepat dan yang terpenting adalah tidak menimbulkan luka bekas jerawat. Namun pada kenyataannya perilaku memencet jerawat justru akan membuat jerawat akan membekas dan sulit dihilangkan.

Baca Juga  Tidak disarankan Minum Kopi Terlalu Banyak Sebelum Berolahraga

 

Oleh karena itu jika anda mempunyai jerawat khususnya di bagian wajah, tidak disarankan untuk memencetnya dengan tangan biasa. Sebaiknya kita menggunakan sebuah krim khusus yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Apabila setiap kali anda duduk depan cermin selalu tergoda untuk memencet jerawat, maka dibolehkan untuk menutupinya dengan menggunakan plaster kecil agar menghindari godaan untuk memencet jerawat.

Artikel Terkait : Ruangan Ber AC Juga Bisa Memicu Munculnya Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *