Mengapa Anak Penting Untuk diajak Jalan-jalan ?

header niko 728 x 90

pentingnya mengajak anak jalan-jalan

InspirasiBersama.com – Melakukan kegiatan jalan-jalan bagi orang dewasa tentu sangat menyenangkan dan bisa menghindari rasa stres. Begitu juga bagi seorang anak-anak, kegiatan jalan-jalan juga mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental anak. Mengapa anak penting untuk diajak jalan-jalan ?

Kegiatan jalan-jalan pada anak bisa dengan mengajak anak ke tempat permainan, mengajak jalan-jalan ke mall, ke pantai, berkemah, wisata pegunungan dll. Dengan sering mengajak anak kita berjalan-jalan, maka akan berdampak positif bagi anak.

Inilah beberapa alasan mengapa anak penting untuk diajak jalan-jalan oleh orang tua :

 

1. Mudah beradaptasi
Manfaat pertama sering mengajak anak jalan-jalan adalah mengajarkan kepada anak tentang arti perbedaan. Dengan demikian seorang anak akan belajar untuk beradaptasi dengan perbedaan lingkungan, tempat dan orang yang bari dia kenal.

Baca Juga  Inilah Rumah Sakit Terbaik di Amerika Serikat

Bukan hanya itu saja, anak kita akan lebih mudah untuk menghargai perbedaan dan menghormati orang lain mencakup keputusan, ide dan preferensi.

 

2. Memperkuat ikatan keluarga

Dengan mengajak anak sering jalan-jalan, maka akan membuat rasa kekeluargaan menjadi lebih erat. Dengan demikian anak akan merasakan kehangatan keluarga sehingga akan muncul rasa sayang terhadap keluarga.

 

3. Anak lebih terbuka
Manfaat sering mengajak anak jalan-jalan selanjutnya adalah melatih anak agar lebih terbuka. Kita tahu bahwa anak jaman sekarang sangat erat dengan kegiatan teknologi seperti bermain gadget dan game. Dengan mengajak anak jalan-jalan, maka akan mengenalkan kepada anak tentang kehidupan nyata yang membuat anak banyak berinteraksi dengan lingkungan baru dan lebih memiliki rasa terbuka.

Baca Juga  Warna Kuning Terbukti Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

 

4. Memperluas wawasan
Dengan mengajak anak jalan-jalan, maka akan membuat anak mempunyai wawasan yang luas. Anak akan lebih banyak mengenal berbagai daerah yang berbeda, orang baru, adat baru serta aneka makanan baru.

Pengalaman baru yang dialami oleh anak akan membuat sebuah kehidupan baru yang nyata bagi anak. Hal ini berbeda saat seorang anak hanya bermain gadget atau maen game.

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

 

5. Kerja keras
Pentingnya anak sering diajak jalan-jalan adalah mendidik anak bahwa segala sesuatu yang menyenangkan seperti liburan membutuhkan sebuah kerja keras terlebih dahulu agar bisa mewujudkannya. Dengan demikian anak akan belajar untuk berusaha dan mendapatkan hasil yang baik.

Baca Juga  Apakah Benar Genetik dan Lingkungan Bisa Membentuk Kepribadian Seseorang ?

 

6. Belajar berempati
Saat kita mengajak anak-anak untuk jalan-jalan yang berbeda dengan kehidupan kota, maka akan membuat anak belajar melihat hal baru yang berbeda yang melatih anak untuk memiliki sifat empati.

Saat mereka melihat seseorang atau teman sebayanya yang kurang beruntung, maka bisa melatih anak untuk memiliki sifat yang empati terhadap sesama.

Artikel Terkait : Anak Yang Sering Stres Meningkatkan Resiko Serangan Asma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *