Mengapa Ada Orang Yang Selalu Merasa Haus ?

header niko 728 x 90

haus yang berlebihan

InspirasiBersama.com – Haus merupakan sebuah pertanda yang diberikan oleh tubuh untuk merangsang kita minum cairan dengan segera. Banyak hal yang menyebabkan kita haus. Bisa karena kita terlalu banyak beraktivitas sehingga tenggorokan kita terasa kering. Tetapi ada beberapa orang yang selalu merasa haus. Jika anda selalu merasa haus tanpa disertai dengan aktivitas yang tinggi maka bisa jadi ada masalah kesehatan dalam tubuh kita.
Berikut beberapa alasan mengapa ada orang yang selalu merasa haus :

1. Diabetes

Penyakit pertama yang harus anda waspadai adalah diabetes. Saat seseorang menderita diabetes maka akan bisa meningkatkan kondisi dehidrasi. Dengan begitu tubuh akan mendorong kita untuk minum. Pada kondisi gula darah yang meningkat pada kasus diabetes, maka secara alami ginjal kita akan banyak mengeluarkan urin guna menstabilkan kadar gula dalam tubuh kita. Dengan seringnya kita buang air kecil, maka membuat tubuh kita terasa haus yang mendorong untuk minum. Kalau anda saat ini mengalami gejala sering kencing, merasa selalu haus dan mengalami penurunan berat badan yang tidak jelas disebabkan oleh apa. Maka disarankan anda untuk mengecek gula darah anda karena itu menjadi tanda penyakit diabetes.

Baca Juga  Ini Dia Dampak Negatif Sering Menggunakan Korek Kuping

2. Periode menstruasi Anda

Bagi seorang wanita yang mengalami menstruasi, biasanya pada hari-hari awal haid akan ada banyak darah yang dikeluarkan. Saat itu biasanya akan membuat kita sering haus dan sering minum. Hal ini adalah hal normal bagi tubuh manusia.

3. Mulut Kering

Mulut kering adalah kondisi yang tidak normal pada membran mukosa mulut kita. Mulut yang kering bisa terjadi karena ada pengurangan atau berubahnya komposisi air liur. Saat produksi air liur sedikit, maka bisa menyebabkan bau mulut, sulit mengunyah, dan mulut terasa kering. Jika anda sering mengalami mulut yang kering disarankan untuk memeriksakan ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Baca Juga  Makanan Apa Saja Yang Bisa Meningkatkan Produksi Sperma ?

Baca Juga : Jika Sering Nyeri Pinggang Coba Minum Banyak

4. Anemia

Saat seseorang mengalami anemia maka akan merangsang untuk banyak minum. Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena saat seseorang menstruasi mengeluarkan darah terlalu banyak. Ada juga terjadi pada kasus sering BAB yang disertai dengan darah. Saat kita mengalami anemia maka akan timbul rasa haus sehingga mendorong kita untuk minum dalam jumlah yang banyak. Tetapi minum bukan menjadi pemecah masalah anemia anda. Apabila anda kehilangan banyak darah oleh sebab tertentu, tentu anda membutuhkan transfusi darah dengan cepat untuk bisa mengangkat kadar Hb anda.

5. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah yang rendah bisa memicu kita untuk haus dan minum banyak. Stres bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah. Saat kita mengalami stres maka kelenjar adrenal tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi ini bisa menyebabkan kita menjadi pusing, cemas dan haus yang berlebihan.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Menyebabkan Kita Terserang Diare

6. Pola makan

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat seseorang menjadi sering kencing. Contohnya adalah seledri, asparagus, bit, lemon, jahe dan kopi ). Saat kita konsumsi makanan yang mengandung diuretik maka secara otomatis akan memicu kita untuk lebih sering buang air kencing. Ketika kita sering buang air kencing, maka kita kehilangan banyak cairan sehingga membuat kita haus dan minum banyak.

 

Artikel Terkait : Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *