Mencegah Berat Badan Tak Berlebih Menjadi Solusi Mencegah Kanker

header niko 728 x 90

orang-gemuk-4

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa membiarkan berat badan terus meningkat sama dengan membiarkan penyakit kanker berkembang dalam tubuh kita. Kita tahu bahwa penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan beresiko besar mengancam jiwa seseorang.

Ternyata ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang melakukan sebuah studi dengan melibatkan 1,000 orang. Dalam studi tersebut didapatkan hasil bahwa kondisi obesitas akan meningkatkan resiko terhadap penyakit kanker.

Baca Juga  Mengenal Obat Biosimilar dan Keunggulannya

Menurut para ahli, seseorang yang mempunyai berat badan berlebih atau bahkan obesitas akan sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit kanker, diantaranya adalah kanker pada liver, tiroid, payudara dan pankreas.

Bukan hanya itu saja, berdasarkan hasil studi yang lain juga menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan meningkatkan resiko terkena kanker esofagus hampir 5 kali lipat. Bahkan untuk jenis kanker rahim resikonya akan naik sebanyak 7 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Baca Juga  Dibalik Rasanya Yang Asam, Jeruk Nipis Menyimpan Manfaat Bagi Kesehatan

Secara alami saat tubuh seseorang mengalami obesitas, maka akan memicu banyak inflamasi dalam tubuh. bukan hanya itu saja, obesitas juga akan membuat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh kita seperti hormon insulin,  estrogen dan progesteron. Jika hal ini terjadi maka akan memicu munculnya kanker dalam tubuh kita.

Agar kita terhindar dari berbagai resiko penyakit kanker, maka sebaiknya kita melakukan program penurunan berat badan. Jaga berat badan kita dalam kondisi normal. Caranya adalah dengan merubah pola makan dan gaya hidup dan tidak lupa untuk melakukan olahraga secara teratur.
Artikel Terkait : Alasan Mengapa Obesitas Bisa Menurunkan Libido

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *