Memiliki Tubuh Kurus Bukan Berarti Aman dari Diabetes

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Salah jika punya anggapan diabetes hanya terjadi pada orang yang gemuk saja. Ternyata memiliki badan yang ideal atau kurus bukan berarti aman dari ancaman diabetes. Diabetes juga bisa menyerang mereka yang tergolong kurus atau punya berat badan ideal.

sumber gambar : merdeka.com

Bagi anda yang saat ini mempunyai tubuh yang kurus dan jarang berolahraga, maka waspada kondisi pre-diabetes atau kadar gula yang meningkat melebihi batasan normal. Kondisi ini belum bisa dikatakan diabetes, tetapi pre-diabetes.

Kondisi ini dibuktikan berdasarkan pernyataan pakar kesehatan yang berasal dari AS yang bernama Arch Mainous yang menyatakan bahwa ada banyak orang kurus yang ternyata memiliki kondisi metabolik yang buruk.

Baca Juga  Memilih Jenis Soda Diet Tidak Bisa Mengurangi Asupan Kalori

Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil studi dengan melibatkan 1000 orang di AS dengan rentan usia lebih dari 20 tahun. Dari semua responden diketahui tidak ada satupun yang tergolong obesitas, artinya memiliki berat badan yang normal dan tidak terdiagnosa diabetes.

Diketahui sekitar 45 persen responden yang memiliki gaya hidup kurang aktif bergerak dan banyak melakukan duduk, mengalami kondisi kadar gula darah yang melebihi batas normal atau pre-diabetes.

Baca Juga  Berikut Beberapa Kendala Dalam Menurunkan Berat Badan

Jadi meskipun memiliki berat badan yang normal, jangan lantas beranggapan pasti lebih sehat. Orang dengan berat badan ideal juga bisa mengalami banyak penumpukan lemak, yang artinya lebih banyak lemak dibandingkan dengan otot.

Baca Juga : Ciri Orang Kurus Yang Banyak Timbunan Lemak

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka sebaiknya kita tetap banyak melakukan aktivitas fisik atau rutin berolahraga. Tidak hanya itu saja kita juga harus memperhatikan asupan kalori atau perhatikan pola makan sehat.

Jika kondisi pre-diabetes yang terjadi pada orang kurus atau memiliki berat badan normal diabiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan akan menjadi diabetes. Oleh karena itu jika sudah diketahui kondisi pre-diabetes, maka itulah kesempatan bagi kita untuk merubah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Baca Juga  Mengapa Orang Kurus Juga Bisa Beresiko Kolesterol Tinggi ?

Artikel Terkait : Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *