Memilih Tas Ransel Yang Tepat Mengurangi Resiko Cidera Leher Pada Anak

header niko 728 x 90

tas ransel bagi anak

InspirasiBersama.com – Memiliki anak yang masih dalam usia sekolah terutama prasekolah, memang kerap kali menginginkan untuk dibelikan tas ransel. Namun sebagai orang tua tidak boleh sembarangan membelikan tas ransel anak karena bisa meningkatkan resiko cidera leher dan bisa mengganggu postur tubuh anak.

Tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi dari tas ransel bagi anak sekolah lebih banyak dibandingkan dengan tas selempang yang hanya bisa diisi dengan sedikit buku pelajaran. Pada anak sekolah biasanya tas ransel berfungsi membawa banyak buku pelajaran, perlengkapan sekolah, bekal makanan dan minuman. Oleh karena itulah memakai tas ransel kerap kali membuat banyak siswa mengalami cidera leher.

Bukan hanya bisa menyebabkan otot pada leher cidera, namun lebih dari itu menggunakan tas ransel yang kurang tepat bisa mengganggu perkembangan postur tubuh anak yang masih dalam tahap perkembangan. Hal ini bisa disebabkan karena beban tas terlalu berat.

Baca Juga  Daftar Makanan Yang Kaya Kandungan Vitamin D Selain Sinar Matahari

Baca Juga : Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

Untuk mengantisipasi hal yang demikian, maka orang tua sangat disarankan untuk memilih jenis tas ransel yang cermat, jangan terlalu berat, dan memiliki tali bahu yang empuk dan lebar. Hal ini sangat membantu mengurangi beban berat tas ransel itu sendiri dan mencegah cidera otot leher.

Selain itu orang tua harus mengajarkan kepada anak untuk selalu menggunakan tas ransel dengan kedua tali berada pada bahu kanan dan kiri. Sering kali kita melihat seorang anak sekolah yang menggunakan tas ransel dengan hanya bertumpu pada satu bahu. Kondisi ini akan memicu beban yang berat pada satu titik yang bisa membuat resiko cidera.

Baca Juga  Kenali Manfaat Dari Apel Hijau

Selain itu penting juga memperhatikan cara menggunakan tas ransel yang benar. Untuk mengurangi beban yang berat, maka seharusnya menggunakan tas ransel dengan posisi tas merekat dengan punggung dan bagian bawah tas ransel tidak boleh melebihi pinggang. Hal ini bisa mengurangi beban berat tas ransel.

Selain itu sebagai orang tua juga harus memperhatikan berat tas ransel anaknya. Sebaiknya jangan membawa tas ransel dengan berbagai keperluan sekolah yang beratnya melebihi 10 sampai 20 persen berat badan anak kita. Jika hal ini dilakukan, maka bisa menyebabkan resiko cidera dan mengganggu pertumbuhan anak.

Baca Juga  Tips Agar Terhindar Dari Serangan Jantung dan Stroke

Saat membawa tas ransel dan berbagai keperluan sekolah didalamnya, sebaiknya orang tua mengajarkan kepada anak untuk selalu dalam posisi yang tegak dan jangan membungkuk. Dengan posisi tegak, maka bisa mengurangi beban tas ransel yang berat. Sedangkan kalau bungkuk akan menambah beban tubuh sehingga membuat tulang belakang bisa tidak sempurna yang mengganggu postur tubuh anak.

Artikel Terkait : Bahaya Anak Yang Sering Duduk Membentuk Huruf ‘W’

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *