Memijat Bayi Dengan Menggunakan Minyak Zaitun

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Melakukan pijat kepada bayi memang mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Bukan hanya itu saja, memijat bayi juga bisa meningkatkan rasa kedekatan orang tua dengan anak. Lantas bagaimana jika kita memijat bayi dengan menggunakan minyak zaitun ?

 

Ternyata berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh University of Manchester mengatakan bahwa memijat bayi sebaiknya disarankan tidak menggunakan minyak yaitu minyak zaitun atau minyak bunga matahari.

memijat-bayi

sumber gambar : Bidanku.com

Tidak disarankan bagi anda menggunakan minyak pijat orang dewasa untuk memijat bayi. Penggunaan minyak untuk orang dewasa bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Baca Juga  Kebugaran Fisik Menjadi Kunci Utama Keperkasaan Seorang Pria

Baca Juga : Apa Saja Kandungan Zat Gizi Pada Minyak Zaitun 

 

Untuk membuktikan minyak mana yang terbaik digunakan untuk memijat bayi, maka dalam studi tersebut para peneliti telah melibatkan115 bayi. Selanjutnya para peneliti membagi para bayi menjadi tiga kelompok dengan spesifikasi menggunakan minyak zaitun, minyak bunga matahari dan tanpa menggunakan minyak sama sekali saat memijat. Studi kali ini dilakukan selama 28 hari.

Baca Juga  Tips Agar Jantung Tetap Sehat Selama Liburan

 

Para peneliti mengatakan bahwa menggunakan minyak zaitun untuk memijat bayi bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Hal ini disebabkan karena saat bersentuhan dengan kulit manusia bisa berubah menjadi asam lemak yang kurang bagus bagi struktur kulit seorang bayi.

 

Kita tahu bahwa seorang bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Menggunakan minyak zaitun atau minyak bunga matahari bisa menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi, kering, pecah-pecah dan bisa memicu munculnya eksim atau peradangan.

 

Oleh karena itu para peneliti menyarankan kepada para orang tua untuk menggunakan minyak khusus bayi yang bisa menghindarkan dari resiko iritasi. Seorang bayi membutuhkan sebuah adaptasi sebelum usia mereka mencapai dua tahun.

Baca Juga  Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Bermanfaat Menghilangkan Jerawat

Artikel Terkait : Alasan Mengapa Bayi Tak Perlu Pakai Bedak Tabur 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *