Memanaskan Makanan Yang dibolehkan Menurut Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memanaskan makanan sudah menjadi sebuah kebiasaan para ibu rumah tangga. Hal ini sering dilakukan karena masih tersisa banyak dan untuk mencegah makanan menjadi basi. Namun jangan memanaskan makanan secara sembarangan, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

 

 

Sering kali kita melihat seorang ibu memanaskan makanan melebihi satu kali. Apakah hal ini dibolehkan dari segi kesehatan ? Ternyata lebih disarankan hanya satu kali saja untuk urusan memanaskan makanan.

cara-memanaskan-makanan

sumber gambar : Bintang.com

Tahukah kita bahwa melakukan pemanasan makanan secara berulang-ulang akan menyebabkan munculnya sebuah zat yang bisa memicu kanker. Zat tersebut dikenal dengan sifat karsinogenik. Semakin sering kita memanaskannya, maka resiko tersebut semakin tinggi.

Baca Juga : Bahayakah Memanaskan Makanan Kemasan Plastik ?

 

Baca Juga  Jika Ingin Perut Yang Ramping Maka Harus Memperhatikan Ini

Kondisi ini bisa lebih berbahaya lagi jika dalam proses pemanasan tidak dilakukan dengan sempurna. Bakteri yang muncul pada makanan akan masih bisa bertahan. Selain itu makanan yang sering dilakukan pemanasan juga akan mengalami proses pendinginan yang berjalan lambat. Hal ini akan membuat pertumbuhan bakteri lebih cepat.

 

 

Apabila ternyata jenis makanan tersebut terdapat banyak bakteri, kalau kita konsumsi akan menyebabkan masalah kesehatan seperti diare dan keracunan.

 

 

Olah karena itu para pakar kesehatan menyarankan kepada para ibu untuk sekali saja dalam hal memanaskan makanan. Hal ini bertujuan untuk mencegah resiko zat karsinogenik lebih banyak yang memicu kanker dan beresiko makanan terkontaminasi banyak bakteri.

 

 

Bagi anda yang menginginkan agar makanan tidak cepat basi, maka anda bisa menaruhnya di suhu yang dingin seperti dalam lemari es. Dengan begitu akan mencegah perkembangan bakteri pada makanan yang membuatnya basi.

Baca Juga  Berikut Kelompok Yang Sangat Rentan Terinfeksi HIV

 

 

Untuk menyimpan jenis makanan seperti ikan, daging dan unggas yang setelah kita masak, maka letakkan dalam boks yang tertutup kemudian anda bisa taruh di kulkas dengan suhu kurang dari 4 derajat celsius. Anda juga bisa menaruhnya di freezer.

 

 

Dengan meletakkan makanan dalam lemari kulkas, maka akan membuat makanan lebih awet dan bisa dikonsumsi sampai 3-4 hari kemudian. Sedangkan kalau kita bekukan di dalam freezer, maka bisa bertahan sampai 4 bulan.

 

 

Apabila kita hendak memanaskan makanan yang sudah kita dinginkan di kulkas, maka panaskan dengan suhu sekitar 74 derajat celsius. Menurut para pakar tidak disarankan untuk memanaskan dengan suhu melebihi 80 derajat celsius karena bisa merusak kandungan nutrisinya.

Baca Juga  Talenta Saja Tidak Cukup Untuk Bisa Menjadi Orang Sukses

 

 

Namun itu tidak berlaku untuk semua jenis makanan. Untuk jenis makanan seperti kuah, maka sangat disarankan untuk sampai pada titik didih. Semoga bermanfaat.

Sumber : tribunnews.com

Artikel Terkait : 3 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh dipanaskan di Microwive

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *