Memakai Masker Merupakan Cara Terbaik Mencegah Penularan Tuberkulosis (TB)

header niko 728 x 90

manfaat memakai masker

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dengan memakai masker merupakan cara terbaik mencegah penularan Tuberkulosis (TB). Hal ini dikarenakan penularan kuman TB sangat cepat melalui udara yang terinfeksi kuman TB. Kita tahu bahwa Tuberkulosis (TB) adalah jenis penyakit yang sangat mudah menular yaitu lewat udara.

Bagi penderita TB juga sangat disarankan untuk menggunakan masker. Ini sangat perlu sekali, karena pasien yang positif TB saat berbicara akan mengeluarkan sekitar 210 partikel yang mengandung kuman TB yang siap terbang bebas bersama udara. Coba bayangkan jika kita berada pada daerah orang yang menderita TB.

Bukan hanya saat berbicara saja penderita TB mengeluarkan partikel TB, saat batuk dan bersin juga mengeluarkan banyak partikel kuman TB. Saat seorang penderita TB melakukan batuk, maka ada sekitar 0 sampai 3.500 partikel TB di udara. Kalau saat bersin bisa mengeluarkan sampai 4.500 – 1.000.000 partikel kuman TB. Bagi anda yang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah sangat rentan untuk tertular penyakit TB. Untuk itu bagi anda yang berada dalam satu rumah dengan penderita TB sangat disarankan untuk selalu memakai masker untuk mencegah penularan.

Baca Juga  Pentingnya Menimbang Berat Badan Setiap Hari Untuk Mencegah Obesitas

Penyakit TB atau Tuberkulosis merupakan jenis penyakit yang sangat mudah untuk menular. Jika ada satu orang yang positif menderita TB maka ada sekitar 10-15 orang akan sangat mudah tertular. Untuk itu memakai masker adalah hukumnya wajib untuk mencegah penularan TB. Anda tidak perlu menjauhi penderita TB, cukup dengan memakai masker sudah merupakan pencegahan yang sangat baik.

Baca Juga  Dampak Jika Sering Menahan Kencing

Untuk bisa menyembuhkan penderita TB, maka dibutuhkan waktu setidaknya enam bulan dengan syarat minum obat secara teratur setiap harinya. Dengan rutin minum obat TB setiap hari, maka angka penularan bisa ditekan.

Bagi penderita TB aktif, maka minum obat anti TB sangatlah penting. Saat seseorang sudah mendapatkan terapi obat anti TB, maka kuman TB yang berada dalam tubuhnya sudah tidak aktif lagi, artinya tidak bisa menginfeksi atau menularkan kepada orang lain. Berbeda dengan seseorang yang positif TB namun tidak minum obat TB.

Banyak diantara kita yang sedikit menyudutkan kepada para penderita penyakit tuberkulosis (TB). Hal ini akann sangat mempengaruhi penyembuhan bagi penderita TB. Untuk itu perlu sekali adanya dukungan yang positif yang datang dari keluarga, lingkunagan sekitar dan kerabat.

Baca Juga  Mengapa Sering Terasa Sakit Punggung Saat Bangun Tidur ?

Selain menggunakan masker, para pakar sangat menyarankan kita untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Hal ini sangat penting untuk memutus rantai penularan kuman TB. Selain itu anda juga dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah terinfeksi kuman TB.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Beberapa Penyakit Menular Seksual Yang Sering Tanpa Disadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *