Manfaat Tidur Siang Bagi Ketajaman Otak

header niko 728 x 90

manfaat tidur siang

Bagi kebanyakan orang modern sekarang ini kebiasaan tidur siang menjadi hal yang mahal alias jarang sekali bisa dilakukan karena kesibukan kerja. Padahal tidur siang secara teratur akan bisa berdampak positif bagi kesehatan kita.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru tidur pada siang hari bisa meningkatkan memori kita. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Kinga Igloi dari University of Geneva.

Dokter Kinga mengatkan “hadiah mungkin bertindak sebagai sejenis penanda, membungkus informasi di dalam otak selama masa pembelajaran. Saat kita tidur, maka informasi akan terkonsolidasi dengan baik dengan berbagai informasi yang berhubungan dengan hadiah rendah dan akan dipindahkan ke bagian otak untuk disimpan dalam jangka panjang.

Setelah dilakukan penelitian dan dilakukan sebuah tes, ternyata mereka yang rutin melakukan tidur siang dapat menjawab tes memori dengan benar dan percaya diri, bahkan tiga bulan kemudian. Setelah dilakukan MRI ternyata kelompok yang rutin tidur siang ini mengalami kegiatan yang besar pada area hippocampus, yaitu area pada otak yang berfungsi penting dalam pembentukan memori.

Setelah kita mengatahui betapa besarnya manfaat tidur siang, seyogyanya kita meluangkan waktu sejenak untuk bisa melakukan aktifitas istirahat atau tidur siang meskipun sebentar. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan memori kita. Apalagi bagi kita yang sudah merasa sering lupa mengingat hal-hal yang penting yang terjadi tidak lama. Tidur siang adalah solusi alami yang bisa kita lakukan. Semoga memberi banyak manfaat, terima kasih.

Artikel Terkait : Cara Menjaga Kesehatan Pori-pori Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *