Manfaat Tetap Sibuk di Usia Tua Bagi Ketajaman Otak

header niko 728 x 90

tetap sibuk dihari tua

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa tetap sibuk walaupun usia sudah tua bermanfaat bagi ketajaman otak. Mungkin selama ini kita menganggap bahwa jadwal kegiatan yang padat akan membuat kita capek dan lelah. Namun ternyata berdasarkan sebuah studi mengatakan bahwa jika tetap sibuk pada usia tua berdampak positif bagi ketajaman otak kita.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti melakukan sebuah survey yang melibatkan 300 orang yang berusia antara 50 sampai 89 tahun. Ke 300 orang ini mengikuti Dallas Lifespan Brain Studi.

Dari hasil survey tersebut didapatkan fakta bahwa mereka yang tetap sibuk meskipun sudah tua, ternyata memiliki memori yang masih kuat, kemampuan penalaran yang bagus, serta mampu berkomunikasi dengan baik dengan pemilihan kata yang bagus. Hasil dari studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Frontiers di Aging Neuroscience.

Baca Juga  Tips Mengatasi Mata Yang Kedutan

Mengapa bisa demikian ? Menurut para peneliti, saat seseorang banyak melakukan kesibukan, maka akan bertemu dengan hal-hal yang baru, orang-orang baru, lingkungan yang berbeda serta informasi yang berbeda pula. Hal inilah yang mendorong otak untuk belajar tentang hal-hal baru yang berdampak positif pada kemampuan otak.

Meskipun demikian, ada juga sebagian orang yang mengalami stres yang disebabkan karena banyaknya kegiatan yang bisa berdampak buruk bagi kemampuan kognitif orang. Namun berdasarkan sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa banyak orang yang justru mampu melupakan stres yang diakibatkan oleh kesibukan.

Baca Juga  Kesuburan Seorang Pria Akan Mengalami Kerusakan Akibat 3 Hal

Hal ini menunjukkan bahwa dengan memiliki kesibukan meskipun usia tua, ternyata lebih banyak membawa dampak positif daripada dampak negatifnya. Dampak positifnya yaitu bisa melatih kemampuan kognitif otak serta mampu membuat seseorang melupakan stres.

Dalam sebuah studi yang lain juga menyebutkan bahwa mereka yang masih memiliki kemampuan kognitif otak yang masih bagus meskipun usia sudah tua adalah mereka yang masih sibuk meskipun usia sudah tua.

Yang perlu diperhatikan disini adalah kesibukan yang positif. Dengan melakukan kesibukan yang bersifat positif maka akan berdampak positif pula bagi kemampuan otak kita. Namun jika kita mempunyai kesibukan yang bersifat negatif, maka juga akan berdampak buruk pula bagi kesehatan otak kita.

Baca Juga  Pengen Tahu Beda Antara Minuman Isotonik Dengan Minuman Berenergi ?

Artikel Terkait : Hubungan Seks di Usia Tua Memberi Banyak Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *