Manfaat Tanaman Yang Tumbuh di Rumah Bisa Membuat Panjang Umur

header niko 728 x 90

manfaat tanaman dalam rumah

InspirasiBersama.com – Tanaman yang tumbuh di dalam rumah atau disekitar rumah memang memberikan rasa ketenangan tersendiri bagi pemilik rumah. Bukan hanya itu saja, berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan memiliki tanaman yang tumbuh di rumah atau sekitar rumah bisa membuat panjang umur. Dalam studi tersebut meningkatkan harapan hidup sampai 12 persen.

Dalam studi tersebut dibiayai oleh Linda Bimbaum yang merupakan seorang Direktur National Institute of Environmental Kealth Science. Linda mengatakan rumah yang memiliki pohon memberikan manfaat kesehatan bagi pemiliknya. Ada banyak manfaat yang akan kita dapat dari pohon atau tanaman tersebut.

Penelitian tentang hubungan tanaman atau pohon bisa meningkatkan harapan hidup ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Harvard TH Chan School of Public Health dan Brigham and Women’ Hospital dengan melibatkan sebanyak 110.00 peserta yang berlatar belakang sebagai seorang perawat.

Baca Juga  Tips Agar Puasa Tidak Gampang Lapar Harus Banyak Makan Serat

Dari semua peserta tersebut, mereka memberikan alamat rumah mereka kepada para peneliti. Dari alamat tersebut peneliti melakukan sebuah pengamatan dengan menggunakan citra satelit yang bisa melihat seberapa banyak tanaman atau pohon yang berada pada rumah para peserta. Penelitian ini dilakukan sejak tahun 2000 sampai tahun 2008.

Dari hasil penelitian selama delapan tahun tersebut didapatkan data kematian sebanyak 8.604. Dari kematian tersebut para peneliti melakukan pengamatan tentang kehidupan respon. Hasilnya adalah mereka yang memiliki tanaman di rumah atau sekitar rumah memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki tanaman pada rumah mereka. Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Environmental Health Perspectives.

Baca Juga  Sentuhan Seorang Ibu Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Hasil lengkap penelitian tersebut adalah mereka yang memiliki tanaman dalam rumahnya ternyata mengurangi resiko penyakit ginjal sebanyak 41 persen, menurunkan resiko penyakit pernapasan sebanyak 34 persen, sedangkan untuk jenis kanker mampu turun sampai 13 persen.

Apa yang menyebabkan tanaman dalam rumah bisa meningkatkan prosentase harapan untuk berumur panjang ?. Menurut para peneliti ada banyak alasan mengapa tanaman sekitar rumah bisa membuat orang menjadi umur panjang. Para peneliti melihat responden yang memiliki tanaman dalam rumah atau sekitar rumah memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Selain itu mereka juga lebih cenderung lebih banyak melakukan kegiatan sosial, beramal dibandingkan dengan mereka yang tidak terdapat tanaman pada rumahnya.

Baca Juga  Ini Yang Terjadi Akibat Kurang Tidur

Artikel Terkait : Diet Ala Orang Jepang Yang Dipercaya Bisa Membuat Panjang Umur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *