Manfaat Sering Naik Turun Tangga Mampu Mencegah Pikun

header niko 728 x 90

manfaat naik turun tangga

InspirasiBersama.com – Tahukah anda bahwa dengan sering naik turun tangga ternyata mampu mencegah pikun. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Concordia University. Pikun merupakan penyakit yang sangat dihindari bagi seseorang saat usia lanjut

Hasil penelitian yang dilakukan di Concordia University ini telah dipublikasikan dalam Neurobiology of Aging. Dalam hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa ternyata semakin sering kita melakukan naik turun tangga maka bisa mencegah kita dari pikun.

Untuk menyimpulkan hasil riset tersebut, para peneliti menggunakan teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang dilakukan kepada para perserta yang berjumlah 331 dengan rentan usia antara 19 sampai 79 tahun.

Baca Juga  Efek Bekerja Dalam Kondisi Perut yang Kosong

Dari hasil pemeriksaan MRI, para peneliti menemukan banyaknya sel-sel kelabu pada otak manusia yang sering melakukan naik turun tangga. Sel kelabu merupakan tanda kesehatan saraf otak manusia saat proses penuaan.

Baca Juga : Penyebab Rasa Nyeri Pada Lutut Saat Naik Turun Tangga

Naik turun tangga merupakan aktifitas yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan namun banyak orang yang enggan untuk melakukannya. Kebanyakan dari kita jarang menggunakan tangga dikarenakan sudah tersedia lift yang memudahkan kita untuk bisa naik turun lantai tanpa menguras banyak tenaga.

Baca Juga  Bahaya Orang Yang Suka Marah Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

Banyak diantara kita yang kurang mengetahui manfaat sering naik turun tangga. Salah satu manfaatnya adalah mampu mencegah pikun. Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan juga sangat bagus melakukan naik turun tangga dibandingkan dengan sekedar naik lift. Dengan melakukan naik turun tangga sama seperti melakukan olahraga sambil ngantor. Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita dan bisa menghindarkan kita dari resiko penyakit diabetes.

Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri naik turun tangga secara manual dan tidak memanjakan dengan naik lift. Anda harus mulai memikirkan tentang kesehatan tubuh anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah pikun.

Baca Juga  Ketahui Beberapa Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan Terlalu Lama di Dalam Kulkas

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Tips Tetap Sehat Meskipun Sangat Sibuk Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *