Manfaat Sering Membacakan Dongeng Kepada Anak Bisa Memberikan Pelajaran Yang Baik

header niko 728 x 90

InspirasiaBersama.com – Bagi anda yang sering membacakan dongeng kepada anak, maka akan memberikan dampak yang bagus bagi perkembangan dan perilaku anak. Dongeng bukan sekedar cerita yang biasa kita ceritakan kepada anak, namun lebih dari itu kita bisa memberikan pelajaran kebaikan kepada anak.

membacakan-dongeng-pada-anak

manfaat membacakan dongeng pada anak

Seorang anak yang sering dibacakan dongeng oleh orang tuanya akan merasa senang. Ada banyak nilai-nilai positif yang bisa kita tanamkan kepada anak dengan kisah tokoh-tokoh kebaikan dalam dongeng tersebut.

Menurut para pakar mengatakan bahwa untuk mengajarkan anak tentang hal kebaikan, maka harus dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan seperti bermain dan dongeng. Dengan begitu anak akan merasa senang dan membuat anak tertarik.

Baca Juga  Bagaimana Pola Minum Yang Benar Menurut Kesehatan ?

Baca Juga : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

Dengan sering membacakan dongeng kepada anak akan membuat kemampuan komunikasi, empati dan emosional yang lebih baik. Bukan hanya itu sering membacakan dongeng juga memberikan dampak positif kedekatan anak dengan orang tua menjadi lebih dekat sehingga anak akan lebih mudah untuk di arahkan.

Ada banyak jenis dongeng yang sangat disukai oleh anak-anak salah satunya adalah kisah hewan seperti kancil dan karakter hewan yang lain. Dari kisah-kisah itu kita bisa menyelipkan perilaku positif yang membuat anak tertarik untuk melakukannya.

Baca Juga  Dampak Buruk Suka Minum Alkohol Pada Usia Muda Bisa Memicu Bunuh Diri

Coba saja anda ceritakan kepada anak kisah-kisah tentang hewan yang lucu, pasti anak anda sangat senang dan tertawa. Biasanya ditengah-tengah orang tua bercerita anak akan bertanya yang menunjukkan anak sangat antusias. Metode seperti sangat efektif untuk mendidik anak tentang nilai-nilai kebaikan.

Bagi anda yang ingin memberikan dongeng-dongeng yang penuh dengan nilai pendidikan, maka bisa membeli buku tentang cerita dongeng bagi kalangan anak-anak. Dengan begitu anak kita tidak mudah bosan karena cerita yang kita berikan selalu berbeda yang membuat anak ketagihan untuk dongeng baru dari orang tuanya.

 

Baca Juga  Hubungan Penyakit Jantung Dengan Penggunaan Minyak Goreng

Berbicara tentang waktu yang tepat untuk membacakan dongeng, biasanya lebih tepat saat hendak tidur. Waktu itu anak akan sangat antusias karena suasana yang nyaman bersama dengan orang tua. Selain itu anak yang sering dibacakan dongeng juga akan lebih cepat tertidur sehingga menjadi pengantar yang sangat baik.

Artikel Terkait : 3 Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *