Manfaat Sering Membacakan Buku Pada Anak Balita

header niko 728 x 90

membacakan anak cerita

InspirasiBersama.com – Tahukah kita berdasarkan hasil penelitian dengan sering membacakan buku pada anak balita akan mampu meningkatkan perkembangan jaringan otak. Untuk itu sebagai orang tua harus mulai sejak dini untuk membiasakan anak untuk mendengarkan cerita-cerita, sehingga anak akan menyukai membaca.

Hal yang sebaliknya, apabila orang tua jarang mengajarkan anaknya untuk mendengarkan cerita dan membaca buku, maka perkembangan otaknya kurang bagus dibandingkan dengan mereka yang sering mendengarkan cerita dan menyukai membaca.

Dari segi akademik, anak yang sering dibacakan cerita dan diajarkan menyukai membaca akan cenderung memiliki perbedaan perilaku dan prestasi akademik yang lebih bagus dibandingkan dengan anak yang jarang didengarkan cerita dan tidak menyukai membaca.

Baca Juga  Untuk Yang Pengen Cepat Hamil Hindari Main Gadget Menjelang Tidur

Baca Juga : Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

Menurut hasil penelitian, semakin sering orang tua membacakan cerita pada anak pada usia sedini mungkin, maka akan membuat otak kiri anak akan berkembang lebih baik. Otak kiri merupakan area dalam memori dan memahami kata-kata.

Menurut seorang profesor pediatrik yang bernama Dr Barry Zuckerman yang berasal dari Boston University School of Medicine mengatakan jika seorang anak sejak usia dini sudah dikenalkan orang tuanya tentang menyukai buku, maka anak akan mempunyai banyak kemampuan dalam berbagai tindakan.

Baca Juga  Membatasi Asupan Gula Bisa Menjadi Tips Jitu Agar Tetap Fit dan Awet Muda

Selain itu, anak juga akan mempunyai kemampuan berbahasa yang lebih baik, ingatan kosa kata yang lebih baik, mampu membaca dengan lebih baik, dan meningkatkan konsentrasi anak saat dia mulai masuk taman kanak-kanak.

Dengan sering membacakan anak tentang cerita-cerita yang menarik dan membiasakan menyukai membaca, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kedekatan orang tua kepada anak. Dengan perilaku orang tua yang seperti ini akan membuat anak merasa diperhatikan oleh orang tuanya sehingga bisa meningkatkan kesehatan mental anak.

Baca Juga  Begini Cara Menangani Anak Yang Sedang Diare

Artikel Terkait : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *