Manfaat Sering Mandi Dengan Menggunakan Air yang Dingin

header niko 728 x 90
mandi-air-dingin

sumber gambar : halloapakabar.com

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa mandi dengan menggunakan air yang dingin menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selama ini mungkin kita hanya mendengar kalau mandi memakai air hangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun ternyata mandi dengan menggunakan air yang dingin juga tidak kalah manfaatnya bagi kesehatan kita.

Ada banyak manfaat kesehatan yang akan kita peroleh jika sering mandi dengan menggunakan air yang dingin. Beberapa diantaranya adalah untuk menyembuhkan cidera otot, bisa juga untuk menurunkan berat badan, membuat kulit menjadi lebih segar dan yang terakhir adalah bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Khasiat mandi air dingin bagi kesehatan mental ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang hasilnya sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Medical Hypotheses yang diketahui bisa membantu mereka yang mengalami depresi.

Baca Juga  Efek Samping Sering Lembur Akan Membuat Orang Sulit Tidur

Secara detail berikut beberapa manfaat kesehatan mandi dengan menggunakan air dingin :

1. Meningkatkan Fokus Otak

Manfaat pertama mandi dengan menggunakan air yang dingin adalah bisa meningkatkan ketajaman atau fokus otak. Memang pada saat awal tubuh kita disiram dengan air yang dingin, maka kita akan merasakan dingin pada seluruh bagian tubuh.

Namun coba rasakan setelah hal itu terjadi selama beberapa menit. Rasa dingin yang pertama kali kita rasakan akan berganti dengan rasa segar yang membuat kekakuan otot pada bagian tubuh akan menjadi lebih rileks atau kendur. Kondisi ini juga akan dirasakan oleh otak kita yang merasa lebih segar dan fokus.

Baca Juga  Manfaat Sarapan Pagi Bisa Mencegah Resiko Stroke

2. Termotivasi

Setelah beberapa menit tubuh kita mendapatkan siraman air yang dingin, maka akan membuat otak kita menjadi lebih segar. Secara otomatis maka akan membuat kita lebih bersemangat dan termotivasi untuk menyelesaikan agenda yang belum kita kerjakan.

Baca Juga : Kebiasaan Saat Mandi Yang Bisa Menyebabkan Kulit Iritasi

3. Timbul keinginan berulang 

Saat seseorang yang sering mandi dengan menggunakan air yang dingin dan merasakan banyak manfaat bagi tubuh, maka akan mendorong seseorang untuk melakukan kembali mandi dengan menggunakan air yang dingin.

Baca Juga  Mengapa Jenis Minuman Diet Justru Bisa Meningkatkan Resiko Stroke dan Demensia ?

Secara naluri kita mungkin tidak suka dengan rasa dingin yang ditimbulkan pada awalnya, namun setelah berjalan beberapa menit kita akan merasakan banyak hal positif yang terjadi pada tubuh dan pikiran kita.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Melakukan Keramas Setelah Berolahraga

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *