Manfaat Sering Makan Kurma Sebelum Persalinan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi wanita yang hamil tentunya sangat protektif terhadap jenis makanan yang dikonsumsi. Mereka berusaha mengkonsumsi jenis makanan yang bergizi demi perkembangan janin. Salah satu jenis makanan yang kaya manfaat dikonsumsi wanita hamil sebelum persalinan adalah buah kurma.

 

Mungkin makan kurma atau anjuran makan kurma masih terbilang hal baru bagi wanita hamil. Yang paling umum adalah disarankan untuk banyak makan protein, buah dan sayuran. Lantas adakah manfaat konsumsi kurma saat hamil dan sebelum persalinan ?

sumber gambar : ManfaatBuahan.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan, mengkonsumsi buah kurma bagi wanita hamil sangat bagus bagi kesehatan. Ini menjadi penemuan baru yang belum banyak orang tahu.

Baca Juga  Inilah Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Konsumsi Daging

 

Penyebab konsumsi kurma bagus bagi wanita hamil dan sebelum persalinan adalah karena dalam buah kurma kaya akan kandungan serat baik yang larut maupun tidak larut yang sangat bagus bagi kesehatan pencernaan.

 

Beberapa kandungan lain dalam buah kurma yang kaya manfaat adalah mengandung kalium yang tinggi, glukosa alami dan sodium dalam jumlah yang sedikit. Beberapa kandungan mineral tersebut sangat bagus bagi kesehatan saraf kita.

 

Dalam sebuah studi yang dilakukan dan sudah dipublikasikan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology pada tahun 2011 menyebutkan bahwa ibu hamil yang sering mengkonsumsi kurma sebelum waktu persalinan, bisa bermanfaat melebarkan leher rahim. Dengan demikian bermanfaat dalam memperlancar proses persalinan.

Baca Juga  Selera Makan Anak Meniru Kebiasaan Orang Tua

 

Bukan hanya itu saja, dalam studi tersebut juga diketahui bahwa jika ibu hamil empat minggu sebelum persalinan mampu mengkonsumsi buah kurma 6 butir setiap hari, maka akan menyebabkan selaput ketuban tidak mudah pecah, lebar leher rahim semakin besar, kemungkinan persalinan normal lebih besar, proses persalinan berjalan lebih cepat dan tanpa butuh obat-obat yang bersifat induksi.

Baca Juga : Benarkah Air Kelapa Bisa Bermanfaat Melancarkan Persalinan ?

 

Dalam sebuah studi yang lain juga menyebutkan bahwa buah kurma mempunyai manfaat seperti halnya hormon oksitosin pada wanita yang bisa meningkatkan sensivitas pada rahim.

 

Sedangkan beberapa kandungan mineral buah kurma seperti kalsium, tanin dan serotonin sangat bagus dalam meningkatkan kontraksi otot pada rahim.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Kesuburan Pria Dengan Mudah

 

Yang perlu diketahui bahwa kurma juga kaya kandungan gula yang tinggi. Jadi mengkonsumsi dalam jumlah terlalu banyak bisa menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Jadi sebaiknya anda membatasi mengkonsumsinya atau minta saran pada dokter anda.

Artikel Terkait : Wanita Hamil Yang Sering Makan Buah Bisa Melahirkan Anak Yang Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *