Manfaat Sering Berdoa Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Mental

header niko 728 x 90

manfaat berdoa

InspirasiBersama.com – Semua orang pasti pernah melakukan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ternyata aktivitas berdoa bukan hanya tuntunan agama saja, namun dari segi kesehatan sangat baik bagi kesehatan mental seseorang. Kalau dilihat dari sudut pandang agama, doa menjadi sebuah senjata pamungkas agar keinginan kita bisa terkabulkan selain harus berusaha secara lahir.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Philadelphia’s Myrna Byrd Center of Integrative Medicine mengatakan bahwa orang yang sering melakukan berdoa, meditasi, maka akan berdampak positif bagi otak yaitu membuat otak kita semakin tebal sehingga atak akan bisa berfungsi dengan baik. Hasil penelitian ini telah diunggah dalam sebuah video yang diunggah oleh The Huffington Post.

Baca Juga  Khasiat Makan Pare Bagi Penderita Diabetes

Apabila kita sering melakukan berdoa, atau paling sedikit kita berdoa dalam sehari satu kali maka akan membuat orang tersebut lebih tenang, bisa menurunkan tingkat stres, membuat tidur lebih berkualitas dan nyenyak. Selain itu dengan berdoa akan mendekatkan jiwa kita kepada Sang Pencipta.

Dalam sebuah penelitian ini, para peneliti melakukan pengamatan secara ilmiah kepada otak seorang pemimpin agama. Mereka dilakukan scan kepala untuk melihat lebih detail tentang struktur otak yang terjadi saat seseorang sering berdoa. Hasilnya adalah mereka yang sering berdoa akan membuat bagian otak yang mengatur bahasa dan pusat konsentrasi menjadi lebih aktif. Selain itu lobus parietal otak juga menjadi tidak aktif sehingga membuat anda merasa sejenak melupakan masalah yang terjadi sehingga membuat otak lebih rileks dan mampu berfikir jernih.

Baca Juga  Sering Duduk Jongkok Bagus Bagi Anda Yang Sulit BAB

Bagi anda saat ini yang mudah mengalami stres dan mengalami gangguan tidur, bisa mencoba tips yang mudah sekali untuk dilakukan yaitu dengan cara sering berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di samping kita mendapatkan pahala berdoa, kita juga mendapatkan dampak yang sangat positif bagi kesehatan mental kita.

Artikel Terkait : Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *