Manfaat Sarapan Pagi Bisa Mencegah Resiko Stroke

header niko 728 x 90

manfaat sarapan pagi

InspirasiBersama.com – Sarapan pada pagi hari merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan. Meskipun demikian, ada banyak orang yang melupakan sarapan dengan banyak alasan. Ada sebagian orang yang mengaku tidak sempat melakukan sarapan karena harus bekerja pagi dengan mengurus anaknya sekolah terlebih dahulu sehingga tidak sempat melakukan sarapan. Padahal tahukah kita manfaat sarapan pagi bisa mencegah resiko stroke.

Dengan melakukan sarapan pada pagi hari akan membuat aktivitas kita menjadi lebih bersemangat. Selain itu kegiatan sarapan pagi hari bisa mencegah kita makan secara berlebihan pada siang harinya. Bagi seorang anak sarapan sangat penting karena bisa meningkatkan konsentrasi saat sekolah. Tanpa melakukan sarapan pagi, kita akan merasa lemas dan kurang bisa berkonsentrasi.

Baca Juga  Apa Yang Akan Terjadi Jika Minum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan ?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Osaka University mengatakan orang yang rajin melakukan sarapan pagi setiap hari ternyata mampu menurunkan resiko penyakit stroke secara signifikan. Sebaliknya bagi mereka yang jarang melakukan sarapan pada pagi hari bisa meningkatkan resiko penyakit stroke sampai 20 persen.

Dalam penelitian ini para peneliti telah melibatkan sebanyak 82.000 partisipan yang terdiri dari pria dan wanita dengan rentan usia antara 15 sampai 45 tahun. Para peneliti membagi para responden menjadi beberapa kelompok berdasarkan keseringan sarapan setiap harinya.

Untuk bisa mencegah resiko stroke, para peneliti menyarankan untuk melakukan sarapan pagi dengan menu sarapan yang sehat dan bergizi. Kebanyakan orang saat melakukan sarapan pagi tidak mementingkan nilai gizinya, yang terpenting adalah memberikan rasa kenyang sehingga bisa beraktivitas. Itu adalah anggapan yang salah. Sarapan pagi dengan menu yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit stroke. Kita harus memperhatikan kadar protein, serat dan vitamin dalam memilih menu sarapan pagi yang menyehatkan.

Baca Juga  Benarkah Dengan Banyak Berkeringat Mampu Menurunkan Resiko Stroke ?

Selain itu menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi tinggi juga menghindarkan kita dari rasa cepat lapar. Dengan menu tinggi protein, vitamin, serat akan membuat kita terasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan menu sarapan pagi tinggi karbohidrat. Menu sarapan yang tinggi karbohidrat akan membuat kita cepat kenyang namun juga akan cepat terasa lapar. Hal ini akan memicu kita untuk makan lagi yang bisa meningkatkan resiko peningkatan berat badan. Untuk itu memilih menu sarapan yang sehat dan bergizi tinggi sangatlah penting.

Baca Juga  Ada Banyak Manfaat Menari Bagi Kesehatan

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait :Menu Sarapan Pagi Yang Tidak Sehat Bagi Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *