Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dengan melakukan donor darah anda sudah dapat menyelamatkan seseorang yang sedang membutuhkannya. Apapun jenis golongan darah anda, baik yang mempunyai golongan darah A,B,AB, serta O pasti akan selalu ada yang membutuhkan.

Untuk itu, Jika kondisi badan anda sehat jangan pernah ragu untuk mendonorkan darah anda. Karena satu kantong darah saja sudah dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang sangat membutuhkannya.

sumber gambar : http://produkwish.com/

Kegiatan mendonor darah selain bermanfaat bagi orang lain, namun bermanfaat juga bagi si pendonor. Berikut ini beberapa manfaat dari rutin donor darah untuk kesehatan.

1.    Sehatkan jantung
Tahukah anda jika dengan rutin melakukan donor darah dapat mengurangi kelengketan darah sehingga dapat membuat aliran darah lebih lancar dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga  Tidak disarankan Menggunakan Losion Bersamaan Dengan Parfum

Dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan jika seseorang yang rutin mendonorkan darahnya akan mempunyai resiko lebih renda mengalami serangan jantung sampai 85 persen di bandingkan dengan orang yang tidak pernah mendonorkan darahnya.

Baca Juga : Air Putih Sangat Penting Bagi Pendonor Darah

2.    Menurunkan risiko kanker
Kelebihan zat besi dalam tubuh dapat meningkatkan radikal bebas serta dapat memicu kanker. Karena zat besi adalah salah satu mineral yang terdapat di dalam darah.

Maka dari itu, Jika anda rutin mendonorkan darah itu sama dengan  anda sedang mengurangi simpanan zat besi dalam darah serta dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Baca Juga  Cara Mengenali Anak Yang Memiliki Bakat Terpendam

Bahkan hasil dari salah satu penelitian menyebutkan jika rutin mendonorkan darah sangat baik untuk kesehatan, karena dapat menurunkan resiko terkena kenker seperti kanker usus, kanker hati, kanker paru serta tenggorokan.

3.    Menurunkan berat badan
Rutin mendonorkan darah juga sangat bagus untuk anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Menurut Live Strong, Seseorang yang sedang mendonorkan darah bisa membakar kalori sampai 650 kalori setiap 1liter darahnya. Jumlah ini mungkin bisa lebih banyak dari pada melakukan lari selama 30 menit

Baca Juga  Seorang Atlet Juga Bisa Mengalami Sakit Jantung

Meskipun demikian bukan berarti melakukan donor darah pasti membuat berat badan kita menjadi turun. Tidak boleh melakukan donor darah secara berlebihan dengan harapan agar berat badan turun. Bagaimanapun tubuh memerlukan zat besi yang cukup untuk menunjang kinerja berbagai organ tubuh.

Artikel Terkait : Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *