Manfaat Rajin Berolahraga Bagi Wanita Hamil

header niko 728 x 90

manfaat olahraga bagi wanita hamil

InspirasiBersama.com – Tahukah anda bahwa rajin berolahraga bagi seorang wanita yang sedang hamil akan berdampak pada melahirkan anak yang lebih aktif. Dalam sebuah hasil studi juga menyebutkan adanya kaitan antara anak yang aktif dengan perilaku ibu rajin olahraga saat hamil. Dalam sebuah studi tersebut dilakukan kepada tikus betina yang terbagi dalam dua kelompok.

Pada kategori tikus pertama didapatkan tikus hamil yang diberikan mainan roda berputar dalam sangkarnya. Dengan adanya mainan roda berputar, para peneliti mengamati rata-rata tikus tersebut akan berlari hampir 10 km dalam waktu semalam saja. Namun ketika usia kehamilan tikus mulai menginjak waktu lahir, maka tikus hanya melakukan lari sepanjang 3 km saja.

Baca Juga  Alasan Mengapa Bayi Yang Baru Lahir Mempunyai Bau Yang Enak

Pada kelompok tikus yang kedua, para peneliti tidak memberikan mainan roda berputar yang artinya tidak memberikan kesempatan tikus untuk berlari lebih banyak lagi. Dari hasil studi tersebut didapatkan bahwa tikus kelompok pertama yang diberikan mainan roda berputar, ternyata 50 persen melahirkan anak yang lebih aktif dibandingkan dengan tikus pada kelompok kedua yang tidak diberikan mainan roda berputar.

Menurut seorang profesor pediatri dan genetika yang berasal dari Baylor College of Medicine di Houston, AS yang sekaligus pemimpin dalam studi tersebut mengatakan bahwa ternyata aktivitas fisik yang dilakukan oleh seorang wanita yang sedang hamil akan berpengaruh pada otak janin.

Baca Juga : Bahaya Minum Pemanis Buatan Bagi Wanita Hamil

Selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa anak yang aktif secara fisik sangat dipengaruhi oleh faktor genetika, namun berdasarkan hasil studi tersebut menggambarkan bahwa lingkungan ternyata mampu mempengaruhi perkembangan anak.

Baca Juga  Antara Es Krim dan Gelato, Mana Yang Paling Sehat ?

Jadi apabila kita menginginkan seorang anak yang lebih aktif, maka pada saat wanita hamil seorang ibu harus membiasakan janin untuk banyak beraktivitas dengan ibu banyak melakukan aktivitas fisik. Ini akan membuat janin lebih aktif saat lahir.

Selain itu seorang janin atau anak yang banyak beraktivitas fisik, maka bisa menghindarkan anak dari kondisi obesitas yang tidak baik bagi kesehatan anak. Mereka akan memiliki berat badan yang lebih ideal.

Baca Juga  Cara Meredakan Cegukan dan Mengetahui Penyebabnya

Untuk itu para ahli sangat menyarankan kepada para wanita yang sedang hamil untuk rutin melakukan aktivitas fisik dalam batas yang ringan. Hal ini penting untuk menghindari kondisi kecapean bagi ibu hamil. Anda bisa melakukan aktivitas ringan yang dilakukan selama 30 menit namun rutin dilakukan setiap hari.

Artikel Terkait : Manfaat Makan Ikan Tuna Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *