Manfaat Puasa Bisa Mengendalikan Tekanan Darah

header niko 728 x 90

puasa dan tekanan darah

InspirasiBersama.com – Ternyata puasa bisa mengendalikan tekanan darah kita. ini membuktikan salah satu manfaat kita melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bagi anda yang mempunyai riwayat hipertensi, maka puasa adalah solusi yang efektif untuk menstabilkan tekanan darah kita.

Hal ini dibenarkan olah salah seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang mengatakan bahwa dengan berpuasa, maka secara otomatis akan membuat pola makan kita lebih teratur.

Namun mengapa kebanyakan dari mereka yang mempunyai masalah hipertensi tidak merasakan dampak positif dari puasa ?. Hal ini mungkin disebabkan karena kebanyakan dari kita saat berpuasa akan mempunyai sifat ‘balas dendam’ saat datang waktunya berbuka puasa. Kita akan cenderung banyak konsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang terlalu banyak.

Baca Juga  Sehat Bisa Diawali Dari Alat Dapur Anda

Apabila kita cenderung untuk ‘balas dendam’ saat berbuka puasa, maka jangan mengharapkan tekanan darah kita bisa stabil. Seharusnya kita tidak berlebihan dalam makan saat berbuka puasa yang bisa berdampak pada stabilnya tekanan darah dan juga mampu membantu penurunan berat badan. Bahkan menurut para pakar, dengan berpuasa akan memberikan waktu istirahat kepada tubuh kita dari berbagai kegiatan fungsi organ tubuh.

Baca Juga : Mempersiapkan Kesehatan Sebelum Menjalani Puasa

Seharusnya saat kita berpuasa tetap menjaga asupan makanan yang bergizi dan tidak berlebihan agar potensi naiknya tekanan darah bisa kita kendalikan.

Baca Juga  Kurang Sinar Matahari Pagi Bisa Menyebabkan Nyeri Kepala Sebelah

Bukan hanya karena menahan makan dan minum saja yang membuat tekanan darah lebih stabil, saat kita berpuasa kita juga belajar untuk menahan amarah, emosi, stres yang bisa membuat tekanan darah kita menjadi naik.

Apa yang akan terjadi saat kita tidak bisa menahan amarah atau emosi ?. Saat seseorang marah, maka secara otomatis akan membuat kerja jantung akan lebih cepat. Pada kondisi ini akan memicu banyaknya produksi adrenalin dalam tubuh kita. Selain itu dengan kerja jantung yang bekerja dengan keras, maka akan membuat respon otak untuk meningkatkan tekanan darah untuk mengimbangi detak jantung yang cepat.

Baca Juga  Kenali Penyebab ‘Anyang-anyangan’

Untuk itu dengan kita melakukan puasa makan dan puasa hati dari sifat amarah, benci, emosi akan membuat tekanan darah kita menjadi lebih stabil. Selain itu penting sekali untuk membatasi asupan makanan saat berbuka puasa untuk menjaga tekanan darah tidak naik.

Artikel Terkait : Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *