Manfaat Pola Asuh Seorang Ayah Bisa Menurunkan Resiko Obesitas Bagi Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Siapa bilang seorang ayah tak penting dalam ikut memberikan pola asuh pada anak. Selama ini banyak yang menganggap kalau hanya ibu saja yang penting memberikan pola asuh pada anak. Ternyata seorang ayah yang ikut memberikan pola asuh pada anak berperan menurunkan resiko obesitas pada anak.

paran asuh seorang ayah bagi tumbuh kembang anak

Seorang ayah yang sering kali mengajak bermain anaknya, maka akan membuat anak lebih aktif bermain dan menurunkan resiko obesitas. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian. Bahkan dalam hasil penelitian yang dilansir oleh Reuters menyebutkan bahwa kondisi ini mampu menurunkan resiko obesitas sebanyak 30 persen.

Baca Juga  Jenis Olahraga Yang Disarankan Bagi Penderita Asma

Bagi anak yang juga mendapatkan pengasuhan dari seorang ayah selain dari ibu, maka akan mendapatkan pengasuhan yang optimal. Hal ini akan membuat seorang anak merasa lebih diberikan kasih sayang oleh kedua orang tua.

Secara detail hasil dari penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 10700 anak menyebutkan bahwa seorang ayah yang lebih banyak memberikan pola asuh pada anak, maka bisa menurunkan resiko obesitas pada anak usia 2-4 tahun sampai 6 persen. Sedangkan jika anak sudah berusia 7 tahun, maka bisa menurunkan resiko obesitas sampai 8 persen.

Baca Juga  Bahaya Sering Menggunakan Obat Tidur Bagi Kesehatan

Yang pasti jika seorang ayah lebih banyak terlibat dalam pengasuhan anak, maka akan membuat anak lebih suka bermain secara aktif di luar rumah. Dengan begitu akan membuat anak lebih banyak aktif bergerak sehingga mampu menurunkan resiko obesitas.

Kondisi ini dinilai lebih baik dibandingkan jika anak suka bermain gadget atau game di dalam rumah yang membuatnya duduk dalam waktu yang lama yang memicu obesitas yang berdampak buruk bagi kesehatannya.
Artikel Terkait : Manfaat Seorang Ayah Yang Sering Membacakan Cerita Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *