Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabetes

header niko 728 x 90

manfaat olahraga bagi diabetes

Penderita diabetes sangat perlu sekali untuk menjaga pola makan mereka agar kadar gula menjadi seimbang. Tetapi selain menjaga pola makan, olahraga juga sangat penting bagi para penderita diabetes karena agar gula yang terdapat pada darah bisa masuk ke sel-sel otot.

Menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam Simon Salim, olahraga dapat menggantikan insulin bagi penderita diabetes. Insulin sangat berguna sekali untuk menjadi pembuka agar gula darah bisa masuk ke sel – sel tubuh. Tanpa adanya insulin maka gula darah tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh.

Dengan kita melakukan olahraga secara rutin maka akan bisa berdampak pada efektifitas insulin. Dengan demikian kadar insulin tubuh kita akan menjadi normal sehingga kadar gula darahpun akan ikut normal pula.

Menurut dokter Simon, bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Misalnya lari dalam waktu dan jarak yang jauh, bersepeda dalam jarak yang jauh. Jika seorang penderita diabetes memaksa untuk melakukan olahraga secara berlebihan maka akan berakibat hipoglikemia atau kadar gula darah turun sehingga orang bisa tidak sadarkan diri sampai koma.

Olahraga yang disarankan adalah berjalan kaki, bersepeda ringan, lari-lari kecil dan senam. Kita bisa melakukannya tiga kali dalam seminggu dengan rentang waktu sekitar 30 menit sudah dirasa cukup bagi penderita diabetes. Bahkan olahraga secara teratur bisa mencegah kita terhindar dari penyakit diabetes sekitar 50 persen.

Artikel Terkait : Dampak Merokok Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *