Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

header niko 728 x 90

manfaat minum air putih setelah bangun tidur

Tahukah kita melakukan kegiatan minum air putih setelah bangun tidur ternyata mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak mengetahuinya sehingga jarang yang rutin melakukan kebiasaan ini.
Setiap manusia membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup. Dengan adanya air maka tubuh kita bisa bekerja secara optimal. Bahkan apabila kita sering kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa mengakibatkan gangguan fungsi ginjal sampai pada gagal ginjal.

Berikut kami lampirkan beberapa manfaat minum air putih setelah bangunĀ  tidur :

1. Meningkatkan Energi
Saat kita tidur sebenarnya banyak cairan tubuh yang keluar lewat keringat. Sehingga tidak heran jika saat bangun tidur orang merasa haus dan ingin minum dalam jumlah yang banyak. Apabila kita menerapkan pola kebiasaan minum air putih setelah tidur maka efeknya bisa meningkatkan energi kita. Tubuh kita akan merasa segar sehingga menimbulkan efek energi pada tubuh kita.

Baca Juga  Makanan Yang Kaya Akan Kalsium

2. Membantu Pembuangan Racun Tubuh

Manfaat yang kedua adalah bisa bermanfaat untuk proses pembuangan racun. Coba kita amati jika kita rutin melakukan minum air putih setelah bangun tidur, maka tidak lama kemudian kita akan terasa pingin buang air kecil. Buang air kecil inilah yang bisa dinamakan bagian dari pembuangan racun tubuh. Urin merupakan produk buangan yang harus dikeluarkan oleh tubuh karena mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh kita.

Baca Juga  Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Kita Gemuk

Kalau kita setelah bangun tidur tidak melakukan minum air putih yang cukup, bisa jadi perasaan ingin kencing tidak akan muncul karena tubuh kita dalam keadaan dehidrasi setelah tidur yang lama. Karena itu minum air putih setelah bangun tidur sangat penting dalam proses pembuangan racun dalam tubuh.

3. Mengurangi Berat Badan
Saat orang bangun dari tidur, tak sedikit yang merasa perutnya lapar sehingga mendorong untuk melakukan makan. Dengan kita mendahulukan minum air putih setelah bangun tidur maka perasaan yang lapar akan sedikit reda akibat kita minum air putih, sehingga perasaan untuk makan dalam jumlah yang banyak bisa sedikit di tekan. Minum air putih juga bisa mengalihkan kebiasaan kita yang mungkin setelah bangun tidur ingin minum minuman manis yang banyak mengandung gula. Dengan kita mendahulukan minum air putih mungkin keinginan untuk minum manis akan sedikit menurun karena perasaan haus sudah menghilang akibat kita minum air putih.

Baca Juga  Bagaimana Cara Agar Perut Tidak Kembung ?

 

Artikel Terkait : Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Orang Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *