Manfaat Minum Air Alkalin Bagi Para Atlet

header niko 728 x 90

minum air setelah olahraga

InspirasiBersama.com – Banyak diantara kita yang masih belum mengenal tentang apa yang disebut dengan air alkali. Namun bagi mereka yang sangat menjaga kesehatan, tentunya sudah sering mendengar tentang air alkalin ini. Banyak pertanyaan yang muncul tentang air alkalin ini, apakah benar air alkali lebih bagus dibandingkan dengan air putih biasa ? atau manfaat minum air alkalin bagi para atlet.

Sebenarnya istilah alkali itu sendiri berdasarkan sebuah Sains tentang skala pH. Dalam teori skala pH atau keasaman suatu zat maka kita akan mengenal angka 0 sampai 14. Pada kondisi nilai 0 maka zat tersebut dibilang terlalu asam, sedangkan suatu zat yang mendapatkan nilai 14 berarti sangat alkalin

Secara detailnya adalah jika suatu minuman mempunyai nilai pH lebih dari 7, maka jenis minuman atau makanan tersebut dikatakan bersifat alkalin. Air yang banyak mengandung alkalin biasanya mempunyai pH 7. Contohnya pada jus lemon ternyata mempunyai tingkat pH 2. Dalam air yang tergolong alkalin juga banyak mengandung berbagai macam jenis mineral seperti kalsium dan potasium.

Baca Juga  Sekarang Ini Usia Muda Sudah Harus Waspada Stroke

Jadi kalau kita ternyata mengkonsumsi jenis makanan yang bersifat asam seperti contohya daging, makanan manis dan kafein, maka akan menyebabkan tubuh banyak melakukan penarikan terhadap beberapa mineral alkali seperti contohnya adalah kalsium yang banyak terdapat pada tulang. Tentu kondisi akan berdampak pada melemahnya kekuatan tulang kita.

Bukan hanya itu saja, seseorang yang banyak mengkonsumsi jenis makanan yang bersifat asam seperti halnya daging, maka akan meningkatkan resiko terjadinya inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan munculnya penyakit kanker.

Baca Juga  Tidak Dianjurkan Tidur Siang Terlalu Lama

Sering kali kita melihat sebuah iklan tentang minuman beralkalin yang bisa membuat asam dalam tubuh menjadi lebih normal. Benarkah demikian ? ternyata apa yang disebutkan dalam iklan tidak semuanya benar. Hal ini disebabkan karena untuk mengatur keasaman dalam tubuh manusia membutuhkan banyak sistem yang berhubungan dengan jenis makanan yang dikonsumsi.

Jadi kesimpulannya adalah bagi seorang atlet yang setelah melakukan sebuah latihan yang keras, maka minum cairan alkalain tidak akan membantu menetralkan asam dalam tubuh. bahkan para ahli menyatakan bahwa tidak perlu minum cairan alkalin. Cukup dengan minum air putih yang cukup sudah bisa mengembalikan kekurangan cairan yang keluar saat latihan.

Baca Juga  Pentingnya Membersihkan Lensa Kontak Mata

Apabila seorang atlet ingin mendapatkan sumber alkalin secara alami, maka cukup dengan mengkonsumsi banyak sayuran saja itu sudah cukup. Hal ini akan sangat membantu menetralkan asam dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Hubungan Sering Mengkonsumsi Makanan Asam Dengan Gigi Keropos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *