Manfaat Mendongeng Pada Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Orangtua jaman sekarang banyak yang beranggapan jika mengasuh anak cukup dengan memberikan materi dan contoh untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

Bahkan ada orangtua yang dengan sengaja memberikan gadget untuk anak dengan alasan, supaya si anak tidak ketinggalan jaman. Gadget memang bisa memberikan informasi serta pengetahuan yang banyak untuk sang anak.

sumber gambar : cloudinary.com

Namun, menurut kak Seto Mulyadi yang lebih akrab di panggil kak Seto seorang pemerhati anak dan juga psikolog ini mengungkapkan jika sesuatu yang dilakukan secara berlebihan dan tidak seimbang akan memberikan dampak yang tidak baik.

Baca Juga  Seberapa Besar Sosial Media Mempengaruhi Kesehatan Mental ?

Kak Seto juga menginginkan para orangtua menggunakan metode mendongeng dalam mengasuh anak. Mungkin banyak orangtua yang masih beranggapan jika mendongeng merupakan cara yang kuno. Namun tahukah anda jika metode mendongeng merupakan cara yang efektif dalam mengasuh anak serta banyak manfaat positifnya untuk sang anak.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Dini

Kebiasaan mendongeng pada anak dapat memberikan manfaat yang banyak pada anak, seperti dapat membuat kreativitas anak berkembang serta merangsang kecerdasan sang anak.

Baca Juga  7 Jenis Obat Yang Disarankan Dihindari Saat Perut Kosong

Selain itu, menurut kak Seto dengan mendongeng juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak. Ini karena dengan mendongeng akan banyak membuat anak anak semakin aktif untuk melakukan tanya jawab.

Dengan mendongeng selain dapat memicu kecerdasan sang anak untuk berfikir dan berimajinasi tentang cerita dongengnya namun juga dapat bermanfaat untuk pelajaran formalnya.

Saat para orangtua sudah membiasakan mendongeng untuk anaknya maka akan banyak manfaat yang di dapatkan untuk sang anak. Diantaranya anak jadi lebih kreatif,mempunyai komunikasi yang baik, melatih dialog, serta dapat memicu kecerdasan pada anak.

Baca Juga  Nutrisi Yang Penting Bagi Kesehatan dan Kesuburan Pria

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Pentingnya Orang Tua Menemani Anak Saat Bermain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *