Manfaat Mendaki Gunung Bisa Mengurangi Stres

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Manfaat mendaki gunung bisa mengurangi stres. Bagi anda yang saat ini sedang stres, coba dech untuk melakukan olahraga mendaki gunung. Dengan melihat hamparan hijau, hutan yang alami dan udara yang sejuk maka bisa bermanfaat mengurangi stres.

Memang jenis olahraga hiking atau mendaki gunung tergolong olahraga yang cukup ektrem. Tapi ternyata jenis olahraga ini selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, juga sangat bagus untuk kesehatan mental.

sumber gambar : http://phinemo.com

Para pakar kesehatan telah mengatakan bahwa kegiatan di luar ruang seperti halnya hiking memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental serta mampu mempertajam ingatan otak.
Tahukah anda bahwa berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa pasien yang telah terdiagnosa mengalami gangguan mental dan mempunyai keingianan untuk bunuh diri, maka dengan sering mendaki gunung keinginan tersebut bisa hilang. Sejak itulah hiking atau mendaki gunung sering digunakan untuk terapi gangguan mental.

Baca Juga  Banyak Orang Tua Yang Tak Menyadari Anaknya Mengalami Kelebihan Berat Badan

Ada banyak manfaat kesehatan mental dari kegiatan mendaki gunung, diantaranya :

– Mengurangi stres
Manfaat yang pertama kegiatan mendaki gunung adalah bisa mengurangi stres. Bukan sebuah rahasia lagi kalau hidup di perkotaan yang padat penduduk dan banyak polusi udara terbukti memicu kecemasan.

Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa cukup dengan berjalan-jalan di daerah pegunungan selama kurang lebih 90 menit bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan begitu akan berdampak pula bagi kesehatan sehingga membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

Baca Juga  Mengapa Orang Yang Pintar Cenderung Tak Punya Banyak Teman ?

– Memori lebih kuat
Hiking adalah salah satu bentuk olahraga berjalan kaki di daerah pegunungan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan otak. Dengan semakin sering melakukan kegiatan fisik dan tentunya suasana alam yang tenang dan sejuk, maka akan bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan memori otak.

– Membuat bahagia
Bagi anda yang ingin melakukan olahraga sekaligus bisa membuat anda bahagia, maka lakukan olahraga di luar ruangan. Anda bisa melakukan jalan santai di luar ruangan sehingga lebih membuat suasana hati lebih bahagia dibandingkan dengan olahraga di gym.

Baca Juga  Dampak Kesehatan Jika Suka Malas-Malasan Saat Akhir Pekan

– Lebih kreatif
Manfaat terakhir adalah orang yang sering berjalan di daerah pegunungan akan membuat seseorang lebih kreatif. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian.

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Meredakan Stres dan Depresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *