Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

bisnis online

manfaat menangis bagi kesehatan

Menurut Jodi De Luca, Ph.D seorang pakar psikologiColorado mengatakan dari pada seseorang menahan tangis dengan raut wajah yang aneh, lebih baik ia melepaskannya dengan tangisan karena dapat membuat seseorang lebih baik saat sedih atau lebih bahagia.

Di salah satu hotel di Amerika bahkan menyediakan tempat khusus untuk menangis. Mereka menyadari benar pentingnya seseorang menangis saat lagi stress tak kuat menahan rasa sedih.

Berikut beberapa manfaat stress bagi kesehtan kita :

 

Meningkatkan semangat

Baca Juga  Sering Konsumsi Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Menurut seorang peneliti yang bernama Ad Vingerhoets Ph,D mengatakan ada sekitar 50 persen orang yang sedih kemudian menangis merasa lebih bahagia dari pada memendamnya sendiri dengan wajah yang aneh.

Orang yang menangis akan mendorong otak kita untuk mengeluarkan hormon endorfin yang mampu meningkan rasa bahagia seseorang. Dengan demikian diharapkan setelah menangis seseorang bisa lebih tenag dan rileks serta bisa berfikir lebih posistif lagi.

 

Pereda stres

Jika kita meneliti saat orang menangis karena sedih maka akan ada peningkatan hormon oksitosin yang berfungsi mengurangi kecemasan seseorang. Banyak orang yang mengatakan hormon ini dengan sebutan hormon kedekatan makanya sering kita melihat saat orang menangis mudah untuk bersandar di bahu seseorang yang berdekatan dengannya.

Baca Juga  Alasan Mereka Yang ‘Jomblo’ Merasa Lebih Bahagia

 

Dukungan tambahan

Pada zaman purba dulu, cara mereka memberi tahu temannya kalau dalam kesulitan masalah adalah dengan mengeluarkan air mata sehingga temannya mengerti kalau dia sedang seding atau kesulitan.

Bahkan menurut sebuah study mengatakan, empati seseorang akan bangkit saat melihat orang lain sedih menangis mengeluarkan tetesan air mata, dari pada melihat orang yang yang menangis yang air matanya sudah dihapus dengan sesuatu.

Baca Juga  Obat Untuk Mengatasi Fobia Telah Ditemukan

 

Artikel Perawat : Cara Meredakan Stress Dengan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *