Manfaat Mempunyai Sifat Sabar Bisa Memperpanjang Usia

header niko 728 x 90

manfaat mempunyai sifat sabar

InspirasiBersama.com – Sabar merupakan sifat yang mulia yang sangat disarankan oleh setiap agama. Ternyata bukan hanya agama saja yang menyarankan, dari segi kesehatan memiliki sifat sabar juga sangat bagus bagi kesehatan karena bisa membuat usia seseorang menjadi lebih panjang.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Singapura menyebutkan bahwa apabila seseorang mempunyai sifat mudah marah atau emosi, maka akan membuat DNA menjadi lebih cepat menua. Perempuan lebih beresiko mengalami penuaan DNA jika memiliki sifat mudah marah.

Pada penelitian ini para peneliti melakukan pengamatan terhadap 1.000 siswa yang telah dinyatakan sehat menurut kesehatan. Mereka diberikan tes kesabaran dengan cara memberikan permainan kemudian para peneliti memberikan sebuah hadiah. Para sisiwa diberi sebuah pilihan kalau mau hadiah yang lebih besar, maka mereka disuruh untuk menunggu selama satu bulan ke depan.

Baca Juga  Jenis Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Dari pilihan yang diberikan, ada sebagian siswa yang tidak sabar ingin mendapatkan hadiah pada saat itu juga. Ada juga siswa yang rela sabar menunggu selama satu bulan ke depan demi mendapatkan hadiah yang lebih besar.

Setelah itu para peneliti melakukan tes DNA dari masing-masing siswa yang memilih hadiah langsung atau memilih menunda hadiah yang lebih besar. Para peneliti akan berfokus pada struktur kecil DNA yang dinamakan telomere. Telomere merupakan bagian dari DNA yang berperan melindungi DNA dari kerusakan.

Baca Juga  Buah Yang Bisa Bermanfaat Membersihkan Karang Gigi

Para peneliti menyebutkan saat telomere seseorang berukuran pendek, maka bisa dikatakan derajat kesehatan seseorang tersebut kurang baik dan beresiko mengalami kematian dini. Saat seseorang mengalami pertumbuhan usia, maka struktur telomere akan mengalami pengurangan ukuran yang identik mengarah pada kerusakan DNA. Saat terjadi kerusakan DNA maka orang tersebut sangat rentan terhadap penyakit.

Dari penelitian yang telah dilakukan kepada 1.000 siswa, ternyata peneliti menemukan hubungan antara para siswa yang mempunyai sifat tidak sabaran memiliki struktur telomere yang cenderung pendek. Hal ini akan membuat seseorang lebih cepat mengalami penuaan dini.

Melihat hasil penelitian ini, maka para pakar sangat merekomendasikan kepada kita untuk memiliki sifat yang penyabar. Apalagi jika kita adalah seorang perempuan. Seorang wanita yang memiliki sifat mudah marah atau tidak sabar maka akan sangat beresiko untuk mengalami penuaan dini yang artinya bisa memperpendek usia kita.

Baca Juga  Hati-hati ! Banyak Kuman di Tempat Cuci Piring

Artikel Terkait : Hal-hal Yang Bisa Mempercepat Penuaan Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *