Manfaat Membiarkan Anak Belajar dan Bermain Sendiri

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bermain bagi seorang anak menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan fisik dan otak. Meskipun demikian masih banyak juga orang tua yang tak memahami hal ini.

Tahukah kita bahwa saat mendapati anak sedang bermain menggambar, menyusun balok, bermain rumah-rumahan adalah sebuah proses pengembangan ketrampilan anak yang mempunyai manfaat yang sangat besar untuk masa depannya.

sumber gambar : http://id.theasianparent.com/

Kegiatan bermain pada anak memang akan terlihat lebih seru jika bersama dengan teman-temannya. Namun hal ini tidak akan berlangsung lama. Setelah itu anak akan pulang kerumah dan bermain sendiri atau bahkan mengajak orang tuanya bermain.

Baca Juga  Apa Saja Efek Samping Sabun Pembersih Vagina

Menyikapi hal yang demikian, maka orang tua harus bisa mengerti dengan cara memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk bermain sendiri maupun mengajak orang tua bermain.

Baca Juga : Tips Mengatasi Anak Yang Sulit Berteman

Menurut pakar kesehatan anak mengatakan bahwa kegiatan bermain bagi anak merupakan hal yang sangat vital dalam proses tumbuh kembangnya. Dengan sering bermain yang positif, maka akan sangat berfungsi dalam mendukung perkembangan fisik, otak dan emosional seorang anak.

 

Salah satu hal yang tak kalah pentingnya adalah saat anak bermain sendiri di rumah. Ini menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan anak kita.

Baca Juga  Pentingnya Kita Minum Air Putih Sebelum Tidur

Menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa manfaat dari anak yang bermain sendiri adalah belajar bagaimana mengelola secara mandiri, memunculkan kreasi dan inisiatif sendiri, dan belajar mengatasi masalah sendiri.

Untuk itu sebagai orang tua juga disarankan untuk memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk bisa bermain sendiri di rumah tanpa teman-temannya. Anda bisa memberikan kesempatan ini satu sampai dua kali dalam sepekan. Sebaiknya para orang tua juga melatih anak untuk bisa bermain sendiri sejak anak mencapai usia 14 sampai 15 bulan.

Baca Juga  Ini Dia Mitos Tentang Minum Air Es

Jadi sebaiknya para orang tua bisa memberikan waktu yang seimbang pada anak untuk bisa bermain dengan teman-temannya dan juga bermain sendiri di rumah. Bermain bersama teman juga memiliki manfaat yang sangat besar diantaranya melatih bersosialisasi, mengembangkan toleransi dan empati anak.

Artikel Terkait : Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *