Manfaat Membatasi Asupan Kalori Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Sampai 18 Tahun

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dalam sebuah hasil studi diungkap bahwa jika seseorang mampu mengurangi atau membatasi asupan kalori setiap hari, maka bisa meningkatkan harapan hidup hingga 18 tahun. terlihat sepele namun mempunyai manfaat yang besar.

Ini artinya adalah menurut sebuah hasil studi menyebutkan kalau orang dewasa bisa mengkonsumsi kalori lebih sedikit, maka bisa membuat usia mereka lebih panjang dan sehat. Namun jika membatasi kalori dilakukan oleh orang dewasa muda atau kurang dari 35 tahun, tidak memberikan keuntungan yang sama.

sumber gambar : Tribunnews.com

Alam studi tersebut para peneliti melibatkan spesies kera rhesus yang berjumlah 200 ekor. Monyet diyakini oleh peneliti mempunyai kemiripan yang sama dengan manusia.

Baca Juga  Manfaat Seseorang Yang Mempunyai Tipe Mata Bundar

Hasil dari studi tersebut diketahui bahwa seekor kera dewasa yang mampu membatasi asupan kalori sampai sepertiga dari porsi biasanya, maka memiliki kecenderungan usianya lebih panjang 2 tahun dibandingkan dengan monyet laki-laki yang tak mampu membatasi asupan kalori. Bahkan jika dibandingkan dengan monyet perempuan, maka mereka bisa enam tahun lebih lama usianya.

Para peneliti meyakini bahwa jika hal ini bisa diterapkan pada manusia, maka akan bisa meningkatkan harapan hidup sampai 18 tahun lamanya. Meskipun demikian menurut para peneliti ada beberapa faktor lain yang juga menentukan panjang usia seseorang yaitu gaya hidup.

Baca Juga  Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Seorang Wanita

Baca Juga : Manfaat Olahraga Malam Hari Bisa Menekan Rasa Lapar

Selain itu para peneliti juga menyatakan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi monyet tergolong masih alami. Hal ini berbeda dengan makanan manusia yang banyak tersedia makanan instan yang banyak tambahan zat kimia. Untuk bisa mendapatkan manfaat pembatasan kalori terhadap usia yang panjang, maka harus juga memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Konsumsilah makanan yang alami, sehat dan kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga  Pengen Tahu Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur ?

Artikel Terkait : Diet Ala Orang Jepang Yang dipercaya Bisa Memperpanjang Umur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *