Manfaat Melompat Lompat Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

manfaat melompat lompatPenulisan artikel kali ini tentang manfaat melompat-lompat bagi kesehatan. Artikel ini ditulis terinspirasi dari membaca sebuah harian kompas online. Ternyata kegiatan / aktivitas yang sering dilakukan oleh anak-anak ini sangat bermanfaat juga bagi kalangan dewasa. Dan hal ini tidak salah juga jika dilakukan secara rutin oleh orang dewasa. Untuk orang dewasa bisa melkukan lompat-lompat cukup 2 menit sehari bisa menurunkan angka terkena keropos tulang atau osteophorosis.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loughborought University menyatakan bahwa kegiatan melompat-lompat pada orang dewasa bisa menguatkan tulang pinggul dan memperkecil resiko patah tulang apabila terjatuh. Penelitian ini juga dilakukan pada orang yang rutin melakukan lompat-lompat secara setahun, kepadatan tulangnya akan meningkat.

Baca Juga  Apa Penyebab Sering Pusing Saat Bangun Tidur

Penelitian ini dibuktikan dengan melakukan penelitian kepada 34 pria yang berusia 65-80 tahun yang mengikuti latihan melompat. Para pria ini disarankan untuk melakukan kegiatan secara rutin tanpa mengubah pola makan dan aktifitas fisiknya.

Setelah setahun berjalan dan dilakukan CT scan pada kaki ternyata kepadatan kaki ke 34 pria yang rutin melakukan lompat-lompat selama setahun kepadatan tulang kakinya mengalami peningkatan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Resiko terjadi patah tulang saat terjadi ciderapun menurun.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Saat Kita Menguap ?

Menurut dokter Sarah Allison yang merupakan salah satu peneliti dari Loughtboroght University mengatakan cidera atau patah tulang pinggul sering terjadi pada orang tua. Dan patah tulang pinggul ini juga memerlukan penanganan medis yang tidak ringan.

Bagi kalangan orang tua kegiatan melompat-lompat harus dilakukan secara hati-hati karena pada orang tua rentan untuk tyerjadinya cidera saat latihan. Demikian informasi tentang manfaat melompat-lompat bagi kesehatan semoga bermanfat, terima kasih.

Baca Juga  Efek Samping Rambut Keriting Yang Sering dicatok

 

Artikel Terkait : Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *