Manfaat Mandi Air Panas dan Dingin Pasca Melakukan Olahraga

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setelah melakukan olahraga, tak jarang kita mengalami suatu cidera. Sebuah konsep yang berasal dari “recovery shower” merekomendasikan anda untuk melakukan mandi air panas dan dingin jika mengalami cidera pasca melakukan olahraga.

Menurut seorang pakar kesehatan mengatakan bahwa terapi untuk memulihkan cidera dengan menggunakan air panas dan dingin pasti akan berdampak positif. Namun setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda terhadap suatu terapi.

sumber gambar : m.tempo.co

Menurut para pakar konsep yang diberikan oleh ‘recovery shower’ memang efektif untuk memulihkan cidera pasca berolahraga. Namun bagi mereka yang mengalami cidera akut, mungkin terapi ini kurang efektif.

Baca Juga  Jenis Perawatan Kulit Yang Aman dilakukan Oleh Ibu Hamil

Cara terbaik yang harus anda lakukan adalah berkonsultasi dengan seorang ahli fisioterapi. Dengan begitu anda akan mengerti cara terapi yang efektif untuk pemulihan yang lebih cepat.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Stamina Tubuh Setelah Berolahraga

Jika anda mengalami cidera ringan pasca melakukan olahraga bisa menerapkan terapi air panas dan dingin ini. Anda bisa merendam bagian tubuh yang mengalami cidera agar inflamasi pada yang terjadi pada otot bisa lebih rileks.

Pemberian terapi air dingin pasca cidera olahraga bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi. Kondisi ini sangat efektif menurunkan inflamasi dengan membuat otot dan persendian menjadi lebih kaku, dengan begitu akan menurunkan aliran darah. Hal ini menjadi respon cepat yang efektif saat seseorang mengalami cidera saat berolahraga.

Baca Juga  Beberapa Resiko Yang Bisa Terjadi Pada Pria Setelah Ejakulasi

Setelah mendapatkan terapi air dingin, selanjutnya disarankan untuk melakukan terapi merendam ke dalam air panas. Manfaatnya adalah untuk memulihkan kembali otot dan persendian yang mengalami inflamasi, membuang sel dan jaringan yang telah mati. Selain itu terapi air hangat juga sangat bagus bagi kesehatan tulang kita.

Bagi anda yang sering merasakan cidera setelah melakukan olahraga seperti terasa sakit saat dibuat berjalan, maka menjalankan terapi air dingin kemudian berlanjut ke air hangat sangat efektif untuk memulihkan otot dan persendian yang mengalami inflamasi. Terapi ini akan membuat anda pulih dari rasa nyeri saat berjalan.

Baca Juga  Benarkah Dengan Naik ‘Roller Coaster’ Bisa Mengeluarkan Batu Ginjal ?

Artikel Terkait : Apa Saja Yang disarankan Setelah Melakukan Olahraga ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *