Manfaat Makanan Berserat Bisa Mencegah Kanker Payudara

header niko 728 x 90

makanan berserat

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita, kanker payudara adalah penyakit yang sangat ditakuti. Hal ini dikarenakan banyaknya kasus kanker payudara yang berujung pada kematian. Mengingat berbahayanya penyakit ini, maka seorang wanita dituntut untuk mengetahui bagaimana cara mencegah sejak dini agar terhindar dari penyakit kanker payudara. Menurut para pakar kesehatan konsumsi makanan yang kaya akan serat mampu mencegah penyakit kanker payudara.

Kanker payudara merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti sering konsumsi makanan instan dan siap saji yang banyak sekali kandungan bahan pengawet dan penyedap. Hal inilah yang membuat angka penderita kanker payudara dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bagi masyarakat modern memang pola makan yang serba instan sangat sulit untuk dihindari. Mereka kebanyakan hanya memikirkan praktis namun mengabaikan masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Baca Juga  Ternyata Makan Kacang Almond Bisa Mendongkrak Keperkasaan Pria

Seorang wanita seharusnya mengkonsumsi bahan makanan alami yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat serta antioksidan. Dengan mengkonsumsi makanan yang alami maka kita bisa terhindar dari penyakit kanker. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard’s School of Public Health mengungkapkan bahwa bagi seorang wanita yang sejak dini mengkonsumsi makanan kaya serat akan menurunkan resiko kanker sebesar 16 persen. Penelitian ini telah dilakukan selama 20 tahun dengan melibatkan 90.000 wanita. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang berserat, maka akan menurunkan kadar hormon estrogen wanita sehingga membuat kanker akan sulit untuk berkembang.

Baca Juga  Mengapa Banyak Orang Yang Tak Sadar Kalau Punya Masalah Jantung

Apabila kita mempunyai seorang anak perempuan, maka sebagai orang tua harus membelajari anak untuk menyukai konsumsi makanan yang alami yang kaya akan serat sedini mungkin. Disamping itu orang tua harus pandai-pandai mengolah makanan agar menarik bagi anak agar asupan serat bisa masuk pada anak. Adapun beberapa makanan yang kaya akan serat adalah gandum, kacang-kacangan, brokoli, ubi-ubian, dan buah-buahan. Selain sangat bagus dalam pencegahan kanker, makanan alami kaya akan serat sangat bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Dalam Memasak Yang Memicu Kegemukan

 

Artikel Terkait : Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *