Manfaat Kesehatan Sering Berada di Tempat Hening

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Secara normal manusia membutuhkan suasana yang hening yang terbebas dari kebisingan dan kesibukan kerja. Untuk bisa mendapatkan suasana yang hening, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan diantaranya hindari menggunakan sosial media, hindari nonton televisi dan tentunya menjauhi lingkungan yang bising.

 

Ternyata kebiasaan berada dalam lingkungan yang hening mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat berada dalam tempat yang hening menurut para pakar kesehatan :

sumber gambar : malesbanget.com

1. Meningkatkan konsentrasi
Manfaat pertama berada di tempat yang hening adalah bisa meningkatkan konsentrasi sehingga membuat otak kita lebih fokus. Yang disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, maka melakukan diam sejenak dalam suatu tempat bisa menjadi solusi yang sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus yang bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan anda.

Baca Juga  Cara Menyikapi Seorang Anak Yang Suka Memegang Alat Kelamin

 

Untuk bisa merasakan hal ini, cobalah untuk berlatih diam dalam keadaan hening yang dilakukan selama tiga menit. Setelah itu rasakan apa yang terjadi.

Baca Juga : Manfaat Melakukan Liburan Sambil Meditasi

2. Memicu pertumbuhan sel otak
Tahukah kita bahwa dengan melakukan meditasi atau berdiam diri dalam lingkungan yang hening ternyata sangat bagus bagi kesehatan otak kita. Diketahui bahwa perilaku ini bisa memicu pertumbuhan sel otak.

 

Bagian otak manusia yang memproduksi sel adalah bagian hippocampus yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan menghafal dan memahami sesuatu.

3. Redakan stres
Manfaat yang ketiga adalah bisa meredakan stres. Saat kita merasakan stres, maka cobalah untuk diam sesaat, cari tempat yang tenang dan tarik napas dalam-dalam kemudian kita hembuskan secara perlahan.

Baca Juga  Dampak Buruk Makan Saat Sedang Stres Bisa Memicu Penyakit

 

Dengan melakukan kebiasaan tersebut terbukti bisa meredakan stres yang sedang kita alami. Setidaknya hal tersebut bisa mengurangi ketegangan yang sedang kita rasakan.

4. Mengatasi insomnia
Bagi anda yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, maka melakukan meditasi bisa menjadi solusi mudah untuk membuat siklus tidur anda lebih baik.

 

Saat kondisi tubuh lelah dan banyak pikiran, maka berdiam diri sejenak bisa membuat kita lebih tenang dan lebih mudah untuk mengawali tidur.

5. Menstabilkan tekanan darah
Manfaat kelima sering berada di tempat yang hening adalah bisa menurunkan tekanan darah. Caranya adalah dengan sambil mengatur pernapasan dengan menarik napas dalam dan menghembuskannya secara perlahan.

 

Saat kondisi tubuh kita merasa lebih rileks, maka akan membuat aliran darah juga lebih lancar sehingga membuat tekanan darah lebih stabil.

Baca Juga  Ada Satu Hal Yang Sangat dibutuhkan Oleh Wanita Agar Bisa Hidup Bahagia

6. Menyehatkan mental
Manfaat yang terakhir sering berada di tempat hening atau meditasi adalah bisa menyehatkan mental.

 

Kehidupan yang penuh kesibukan dan tuntutan membuat banyak orang merasa lelah secara mental. Cara mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan sering melakukan meditasi atau diam sejenak dalam keheningan yang bermanfaat menyehatkan mental kita.

Artikel Terkait : Manfaat Berdoa Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *