Manfaat Kesehatan Dibalik Rasanya Yang Pedas

header niko 728 x 90

manfaat cabai

Pada artikel kali ini inspirasibersama.com akan membahas tentang manfaat kesehatan dibalik rasanya yang pedas. Siapa yang tidak kenal dengan cabai, semua orang pasti mengenal cabai. Apalagi bagi orang Indonesia sangat suka denga makanan yang pedas.

Banyak sekali olahan yang dihasilkan dari cabai, mulai dari sambal, bumbu masakan, irisan makanan dll. Dibalik rasanya yang pedas ternyata cabai memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut akan akami ulas beberapa manfaat yang kita dapat saat mengkonsumsi cabai :

 

1. Mampu Menurunkan Berat Badan
Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata makan cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. Hal ini karena cabai mengandung senyawa yang bernama capsaisin. Orang yang mengkonsumsi cabai maka akan bisa meningkatkan metabolisme tubuhnya sebesar 8 persen. Dengan demikian maka akan sangat bagus dalam menurunkan berat badan seseorang.

Baca Juga  Angka Kerusakan Gigi Pada Anak Terus Meningkat

Satu lagi alasan mengapa makan cabai bisa menurunkan berat badan seseorang. Orang yang menyukai cabai biasanya akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit dari pada mereka yang tidak menyukai cabai. Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Kanada mengatakan seorang laki-laki yang suka mengkonsumsi makanan yang pedas maka akan mengkonsumsi makanan lebih rendah sekitar 200 kalori dari pada lelaki yang tidak senang dengan makanan yang pedas.

Baca Juga  Beberapa Jenis Bumbu Pedas Pada Makanan Yang Bisa Membuat Kita Panjang Umur

2. Mampu Menyehatkan Jantung

Cabai yang kaya akan kandungan capsaisin ternyata cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol yang jahat pada tubuh kita. Dengan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, maka akan mengakibatkan fungsi jantung menjadi maksimal. Dengan kolesterol yang normal, maka aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar tanpa adanya sumbatan.
3. Mencegah Penyakit Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian, capsaisin yang terkandung dalam cabai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat. Begitu banyak penelitian yang menyebutkan cabai mampu untuk menghambat sel kanker dalam tubuh manusia.

4. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Baca Juga  Hindari Konsumsi Vitamin C Dalam Dosis Yang Tinggi

Selain manfaat yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi manfaat dari pedasnya cabai yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Jenis cabai yang paling ampuh dalam penurunan tekanan darah adalah cabai rawit. Dengan mampu menurunkan tekanan darah maka kita akan terhindar dari penyakit stroke dan jantung.

 

Artikel Terkait : Manfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *