Manfaat Jalan Kaki Bikin Tubuh Sehat

header niko 728 x 90

manfaat jalan kaki

Bagi anda yang saat ini lagi dalam program penurunan berat badan maupun anda yang menderita penyakit diabetes perlu menyimak artikel ini karena sangat bermanfaat bagi anda. Banyak orang yang menganggap jalan kaki adalah perkara yang sepele, padahal jika kita tahu betapa banyak manfaat yang kita peroleh dari kegiatan yang sederhana ini.

Apa yang terjadi saat kita berjalan kaki ? saat awal kita melakukan jalan kaki maka ada proses pelepasan bahan kimia dalam tubuh yang menghasilakn energi dalam sel kita sehingga berguna untuk bahan bakar kita dalam jalan kaki. Selain itu denyut jantung kita akan mencapai 70-100 kali permenit, sehingga bisa meningkatkan aliran darah ke seleuruh tubuh kita.

Saat kita melakukan jalan kaki, maka kekakuan sendi dan otot kita akan hilang atau reda. Hal ini dikarenakan saat kita berjalan akan ada cairan pelumas sendi akan keluar untuk bisa membantu kita saat berjalan. Saat kita melakukanaktifitas seperti berjalan maka pembakaran kalori dalam tubuh kita akan semakin cepat. Kita bisa membakar 5 kalori permenit saat kita beraktifitas, berbeda sekali saat kita melakukan istirahat yang hanya bisa membakar 1 kalori saja permenitnya.

Menit 6-10

Pada menit 6-10 menit pertama, maka akan terjadi peningkatan detak jantung dari 100 menjadi 140 kali permenit. Pembakan kalori yang bisa dilakukan adalah sekitar 5-6 kalori permenitnya. Dengan peningkatan detak jantung maka peredaran atau sirkulasi darah kita semakin cepat dan lancar.

Menit 11-20

Pada menit ini suhu tubuh kita akan mengalami kenaikan, munculah keringat. Pada kondisi ini tubuh kita akan hormon epinefrin dan glucagon akan meningkat sehingga bisa melepaskan baha bakar lebih banyak untuk otot kita.

Menit 21-45

Pada fase ini tubuh kita mulai merasa lebih segar karena hormon endorfin dan hormon gembira akan semakin banyak yang dihasilkan sehingga kita menjadi lebih senang dan bersemangat. Banyak lemak yang bisa dibakar oleh tubuh. Ini sangat bagus bagi anda yang mengalami obesitas atau mengalami diabetes.

Menit 46-60

Pada fase terakhir kita akan merasa lelah karena berkurangnya cadangan karbohidrat dalam tubuh kita akibat pembakaran. Denyut jantung kita pun mulai menurun dan pernapasan mulai melambat. Dalam kondisi ini banyak sekali kalori yang berhasil dibakar oleh tubuh kita.

Artikel Terkait : Manfaat Lari Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *