Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Brokoli sayuran yang mempunyai bentuk yang cantik seperti bunga ini memang saat ini sangat populer. Brokoli termasuk salah satu sayuran yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Karena itu brokoli sering sekali di sebut juga sebagai superfood.

Kandungan yang terdapat dalam brokoli sangat lengkap yaitu tinggi akan serat,vitamin B,vitamin C,vitamin A,vitamin K,antioksidan, serta zat besi. Bahkan brokoli juga mempunyai kemampuan memerangi osteoartritis.

sumber gambar : http://lagizi.com

Selain itu, brokoli juga sudah lama di akui sebagai salah satu sayuran yang dapat melawan kanker. Bukan hanya itu, berikut beberapa manfaat dari brokoli untuk kesehatan:

1. Brokoli memperlambat osteoarthritis.

Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini dari University of East  Anglia (UEA) di Inggris mengungkapkan jika di dalam brokoli terdapat senyawa sulforaphane.

Baca Juga  Sebagian Besar Penderita Kanker Paru Adalah Perokok Aktif

Setelah dilakukan percobaan laboratorium, ternyata senyawa sulforaphane sangat baik untuk memperlambat osteoarthritis.

2. Brokoli membantu mencegah kanker.

Rutin mengkonsumsi brokoli juga sangat baik untuk yang sedang menjalankan program diet, hal ini karena brokoli dapat mendotoksifikasi tubuh selain itu brokoli juga sangat terkenal akan kemampuannya dalam mencegah kanker.

Brokoli sudah terbukti bermanfaat dalam mengurangi resiko terkena kanker payudara, kanker usus besar, kanker ovarium, kandung kemih, hal ini karena brokoli mengandung 2 jenis phytochemical, yakni indoles serta isothiocyanate.

Baca Juga : Manfaat Brokoli Bagi Penderita Kanker Payudara

3.Punya manfaat yang cukup besar menjaga kesehatan sistem saraf

Si hijau yang sering di sebut superfood ini banyak mengandung kalium, yang dapat membuat tekanan darah lebih stabil,selain itu juga dapat menjaga sistem saraf serta fungsi otak.

Baca Juga  Cara Mengurangi Ketergantungan Pada Kopi Dengan Minuman Alami

4. Brokoli bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Beberapa hasil studi menyebutkan jika brokoli juga mempunyai kandungan vitamin B6 dan folat  yang bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Brokoli memperbaiki pencernaan.

Brokoli mempunyai kandungan serat yang tinggi, hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan serta dapat mencegah sembelit.

6. Bermanfaat memperbaiki masalah penglihatan dan mengatasi masalah kerusakan kulit

Brokoli mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, brokoli juga mengandung lutein yang juga sangat baik untuk kesehatan mata seperti mencegah katarak .

Brokoli memang mempunyai kandungan yang sangat lengkap, selain untuk kesehatan tubuh brokoli juga dapat memperbaiki kerusakan kulit yang di akibatkan terlalu sering terkena paparan sinar matahari, ini karena brokoli mengandung glucoraphanin.

Baca Juga  Beberapa Masalah Pada Rambut yang Harus Diwaspadai Karena Menjadi Tanda Penyakit

7. Brokoli meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam brokoli dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta dapat membantu melawan infeksi.

Artikel Terkait : Manfaat Yang Tersembunyi Dari Wortel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *