Manfaat Black Garlic Untuk Mencegah Kanker

header niko 728 x 90

manfaat black garlic

InspirasiBersama.com – Sekarang ini black garlic atau bahasa umumnya adalah bawang putih hitam kini banyak menjadi perbincangan banyak orang. Hal ini disebabkan manfaat balck garlic mampu mencegah sel kanker dalam tubuh kita. Untuk mendapatkannya, anda bisa mencarinya di pasar swalayan.

Bawang putih hitam atau black garlic ini sebenarnya bukan hal baru. Sejak dulu masyarakat Korea menggunakannya sebagai bahan makanan orang dahulu. Dibalik manfaat bagi olahan makanan, ternyata khasiat black garlic sangat bagus bagi kesehatan yang tidak bisa kita temukan di bawang putih biasa.

Untuk membuat black garlic ini membutuhkan proses penuaan yang dilakukan sekitar 3 minggu. Untuk bisa membuat warna hitam pada daging bawang dan membentuk suatu karamel, maka memerlukan suatu proses dalam ruangan yang lembab dan panas. Dengan proses seperti itu, maka akan membentuk warna hitam pada daging bawang putih yang mengandung melanoidin.

Baca Juga  Penyebab Lain Anak Yang Susah Makan

Dengan melalui proses seperti itu, maka kandungan black garlic akan sangat baik bagi kesehatan terutama bisa menyembuhkan demam, menstabilkan tekanan darah yang tinggi, dan bisa bermanfaat sebagai detoksifikasi alami tubuh.

Berikut beberapa manfaat dan kandungan black garlic yang sangat baik bagi kesehatan :
Tinggi Antioksidan

Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa black garlic memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, maka mengkonsumsi black garlic sangat bagus untuk mencegah diabetes dan beberapa komplikasinya dan mampu melawan penuaan dini yang membuat kita lebih awet muda.
Menurunkan Kolesterol

Baca Juga  Tips Menganali Gejala Overdosis Kafein

Kandungan kedua dari black garlic atau bawang putih hitam adalah kaya akan kandungan senyawa S-allylcysteine yang mempunyai manfaat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu konsumsi bawang putih hitam mampu mencegah resiko terjadinya penyakit kardio vaskular dan stroke.
Mencegah Kanker Usus

Manfaat ketiga dari balck garlic atau bawang putih hitam adalah mampu mencegah terhadap kanker usus. Hal ini sudah berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2014 dan sudah dipublikasikan dalam Spandidos Publications. Ini menjadi sebuah kabar yang sangat baik yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh kita.

Baca Juga  Mengapa Saat Haid Terasa Nyeri Walau Hanya Sekedar Duduk ?

Artikel Terkait : Beberapa Makanan Yang Bagus Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *