Manfaat Bintik Hitam Pada Pisang Bisa Untuk Deteksi Kanker

header niko 728 x 90

bintik hitam pada pisang

InspirasiBersama.com – Ternyata bintik-bintik hitam pada kulit pisang mempunyai manfaat yang besar dalam mendeteksi kanker kulit. Para pakar telah menemukan bahwa bintik hitam pada kulit pisang memudahkan untuk penanganan kanker yang lebih cepat dan mudah. Dengan demikian tingkat kesembuhan pasien yang menderita kanker kulit lebih besar.

Bintik hitam pada pisang akan muncul saat buah pisang mulai matang. Saat buah berwarna kuning, maka biasanya akan disertai dengan munculnya bintik-bintik hitam yang menyebar pada kulit pisang. Munculnya bintik hitam ini disebabkan oleh adanya enzim tirosinase.

Baca Juga  Manfaat Besar Melakukan Meditasi Bagi Kesehatan

Ternyata para pakar menemukan hal yang sama pada pasien yang mengalami kanker kulit atau melanoma. Kanker kulit pada manusia tergolong jenis penyakit yang mematikan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka kematian yang disebabkan oleh kanker kulit.

Dengan munculnya bintik hitam pada pisang yang hampir sama terjadi pada kasus kanker kulit pada manusia, para peneliti bisa membangun suatu pemindai kanker.

Munculnya enzim tirosinase pada kulit pisang yang menimbulkan bintik hitam, dapat menjadi bahan analisa para peneliti yang berasal dari Laboratory of Physical and Analytical Electrochemsitry yang berasal dari Swiss untuk mempelajari pertumbuhan melanoma pada kulit manusia.

Baca Juga  Ternyata Ketombe Bukan Disebabkan Karena Kulit Kering

Menurut para pakar, saat suatu kanker beranjak ke stadium awal maka enzim tirosinase tidak terlalu terlihat. Namun saat mencapai stadium dua mulai melakukan penyebaran. Saat kanker sudah pada stadium tiga maka sel kanker sudah banyak yang menyebar ke seluruh organ tubuh yang lain.

Apa manfaatnya kanker yang terdeteksi sejak dini atau stadium awal ?. Berdasarkan badan American Cancer Society mengatakan saat kasus melanoma mampu terdeteksi saat stadium awal, maka akan memungkinkan untuk bertahan hidup sampai 10 tahun ke depan. Namun jika baru terdeteksi saat stadium tiga maka harapan hidup akan turun menjadi 43 persen.
Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *