Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saya rasa tidak ada satupun anak yang tidak suka bermain. Mereka kebanyakan sangat suka untuk bermain yang memang menjadi dunianya. Terlebih bagi seorang anak balita, bermain mempunyai manfaat yang sangat besar untuk lebih banyak belajar.

 

Menurut salah seorang psikolog mengatakan bahwa seorang anak yang banyak bermain bisa mengembangkan kemampuan motorik baik kasar maupun yang halus. Yang dimaksud bermain disini adalah bukan menggunakan gadget ya, melainkan bermain yang banyak melibatkan aktif motorik.

manfaat-bermain-bagi-anak

manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak

Seorang anak yang pada masa usia satu tahun, kegiatan bermainnya bisa berupa berguling-guling di tempat tidur, kegiatan berlari dan melompat-lompat. Kegiatan yang seperti ini bisa mengasah kemampuan motorik kasarnya.

Baca Juga  Jika Merasa Kesulitan Menurunkan Berat Badan, Bisa Jadi Diet Yang Kita Ikuti Keliru

 

Kalau usia anak sudah lebih besar, maka kegiatan bermain seperti layang-layang bisa sangat bermanfaat bagi perkembangan motorik halusnya. Pada saat anak bermain layang-layang maka anak akan belajar bagaimana cara mengkordinasikan antara tangan dan mata.

 

Kegiatan bermain layang-layang bukan hanya bermanfaat bagi perkembangan motorik halus saja. Kegiatan layang-layang juga menuntut anak untuk banyak berlari sehingga mampu melatih motorik kasar anak. Ada kegiatan bermain lain yang bisa bermanfaat melatih motorik kasar anak adalah bermain menggambar, melukis dan mewarnai.

Baca Juga  Memprihatinkan, Jumlah Perokok Pria Indonesia Peringkat Satu Dunia

 

Kegiatan bermain bagi anak bukan hanya melatih motorik kasar dan halus saja. Tetapi juga bermanfaat untuk melatih espek sosial-emosional anak. Hal ini disebabkan saat bermain anak melibatkan banyak teman.

 

Namun sekarang ini kegiatan bermain pada anak sudah bergeser dengan menggunakan gadget. Berdasarkan sebuah data hasil studi menyebutkan kalau kebanyakan anak sekarang ini banyak menghabiskan waktu bermain gadget dibandingkan dengan bermain dengan teman sebayanya.

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

 

Baca Juga  Inilah Nutrisi Yang Bisa Menghancurkan Lemak Dalam Tubuh Kita

Seorang anak yang aktif bermain juga memiliki banyak manfaat yaitu menghindarkan resiko obesitas. Berbeda saat anak banyak menghabiskan waktu bermain gadget yang mengharuskan duduk manis hanya aktif pada pergerakan jari tangan saja.

Artikel Terkait : Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *