Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Mampu Redakan Depresi

header niko 728 x 90

manfaat sedekah

InspirasiBersama.com – Dengan rutinitas kerja orang modern seperti sekarang, tuntutan pekerjaan yang tinggi maka banyak orang merasa depresi. Depresi menjadi suatu masalah mental seseorang yang bisa menurunkan kualitas kesehatannya. Namun kabar gembira ada tips meredakan depresi dengan mudah yaitu dengan banyak sedekah dan bersyukur.

Berdasarkan sebuah penelitian, banyak orang yang berusaha meredakan depresi dengan hal-hal yang justru membuat masalah baru yang bisa memperburuk depersinya. Misalnya saat orang merasa stres, mereka mencoba mengatasi dengan makan-makanan yang enak dengan harapan stres akan berkurang. Namun apa yang terjadi, stres tidak hilang malah masalah lain akan muncul yaitu resiko obesitas.

Baca Juga  Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Diare

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 43 orang yang mengalami atau merasa dirinya depresi dan membutuhkan sebuah konseling untuk mengobati depresinya. Dari 43 orang tersebut, para peneliti memperlakukan kepada 22 responden untuk menerima uang yang telah disiapkan kemudian memberikan sebagian uang tersebut kepada orang lain sekaligus mereka disuruh untuk menulis di lembar kertas tentang apa yang dia syukuri. 21 responden lainnya tidak mendapatkan perlakukan ini.

Hasilnya setelah berjalan selama tiga bulan para peneliti melakukan pengamatan terhadap scanner otak kepada masing-masing peserta. Mereka yang melakukan banyak sedekah dan rasa syukur ternyata memiliki aktivitas otak yang tinggi pada area frontal, parietal dan oksipital.

Baca Juga  Bisakah Plak Dalam Darah Dihilangkan ?

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan beramal dan bersyukur akan membuat emosional seseorang menjadi lebih baik yaitu lebih bahagia, merasa cukup dan dapat meningkatkan rasa empati terhadap orang lain.

Bagi anda yang merasa sering mengalami depresi atau stres, anda bisa mencoba tips sederhana yaitu dengan banyak bersyukur dan memberi kepada orang lain. Tips ini dinilai sangat ampuh untuk mengatasi depresi yang sering melanda. Dengan rutin bersyukur dan beramal kepada orang lain maka akan menyehatkan kesehatan mental kita secara menyeluruh dan mendorong untuk sifat peduli kepada orang lain.

Baca Juga  Pengen Tahu Mengapa Anak Penting Diberikan Vaksin Polio ?

 

Artikel Terkait : Banyak Bersyukur Juga Menyehatkan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *