Manfaat Asam Folat Bisa Menghindarkan Janin Dari Cacat

header niko 728 x 90

manfaat asam folat bagi wanita hamil

InspirasiBersama.com – Setiap wanita yang hamil tentunya menginginkan janin yang dikandung tidak cacat. Hal ini membutuhkan persiapan yang matang mulai dari sebelum hamil sampai pada saat hamil. Seorang ibu yang hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan beragam agar bayi yang dikandung bisa berkembang dengan baik. Salah satu hal yang sangat penting agar bayi yang lahir terhindar dari kecacatan adalah asam folat.

Bukan hanya itu saja, seorang ibu yang sedang hamil juga di tuntut untuk cukup melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Apa manfaat seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi asam folat ? Sudah terbukti berdasarkan hasil studi bahwa konsumsi asam folat yang cukup bagi ibu hamil bisa mencegah bayi lahir mengalami kecacatan fisik maupun otak.

Baca Juga  Ini Penjelasan Mengapa Pria Lebih Mengedepankan Otak Dalam Urusan Kasih Sayang

Bahkan seorang ibu yang sebelum hamil penting juga mengkonsumsi asam folat. Seorang wanita yang sebelum hamil mengkonsumsi asam folat, maka bisa membantu dalam memproduksi DNA bayi. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin selanjutnya dalam kandungan.

Baca Juga : Manfaat Makan Ikan Tuna Saat Hamil

Ada banyak kerugian jika seorang ibu hamil kekurangan asupan asam folat. Menurut para ahli, jika seorang ibu kekurangan asam folat selama hamil maka meningkatkan resiko melahirkan bayi prematur dan memiliki berat badan di bawah standar. Tentu hal ini akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi selanjutnya.

Untuk mendapatkan asupan asam folat, maka seorang ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan seperti jenis sayuran hijau, buncis, kacang-kacangan dan gandum. Biasanya seorang wanita hamil juga kerap diberikan tablet asam folat olah dokter untuk mencegah kekurangan asupan asam folat.

Baca Juga  Temukan Cara Alami Mencegah Terjadinya Penuaan Otak

Bukan hanya asam folat saja yang sangat penting bagi perkembangan janin. Seorang ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu yang kaya kandungan kalsium. Hal ini sangat penting bagi perkembangan tulang dan menghindarkan adanya kelainan pada tulang dan gigi janin.

Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C juga sangat penting bagi wanita hamil. Kandungan vitamin C berperan dalam mencegah terjadinya kelahiran prematur atau lahir belum pada waktunya.

Oleh karena itu, bagi anda yang saat ini sedang hamil sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang sehat yang banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin. Jangan lupa memperhatikan asupan asam folat, aktivitas fisik yang cukup, banyak mengkonsumsi buah dan sayur, menghindari konsumsi minuman alkohol dan berkafein serta menghindari stres.

Baca Juga  Penyebab Seorang Ayah Mempunyai Perhatian Yang Lebih Besar Pada Anak Perempuan

Artikel Terkait : Saat Hamil Jangan Sembarangan Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *