Manfaat Alga Cokelat Bagi Penderita Stroke

header niko 728 x 90

alga cokelat

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa alga cokelat yang banyak diabaikan oleh kebanyakan orang ternyata bermanfaat bagi penderita stroke. Informasi ini tentu menjadi kabar yang baik bagi mereka yang mempunyai penyakit stroke yang lama belum sembuh.

Alga cokelat mengandung beberapa senyawa yang sangat bagus untuk bisa menyembuhkan penderita stroke. Senyawa tersebut bernama fucoidan yang mempunyai efek mampu menggerakkan kembali sel-sel yang mengalami gangguan.

Kita tahu bahwa orang yang mengalami stroke akan mengalami gangguan pada sistem saraf yang membuat anggota gerak seperti tangan dan kaki jadi sulit untuk digerakkan. Bukan hanya itu saja, seseorang yang menderita stroke juga kerap mengalami kesulitan dalam bicara karena menurunnya saraf bicara pada otak.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Saat Memotong Sayuran Yang Memicu Paparan Bakteri

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Indonesia itu mendapati bahwa alga merah mengandung senyawa fucoidon sebanyak 10 persen yang sangat baik dan mampu mengembalikan fungsi saraf otak yang terganggu pada pasien stroke.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Yang Tinggi Meningkatkan Resiko Stroke

Untuk mengolah alga cokelat menjadi sebuah obat yang berkhasiat bagi penderita stroke tidaklah sulit. Caranya adalah dengan mengambil alga merah secukupnya kemudian dikeringkan. Setelah itu kita ambil ekstraknya yang bisa kita berikan dalam bentuk cairan atau tetesan yang diminum.

Baca Juga  Bahaya Aborsi Bisa Memicu Kematian Ibu

Dengan mengkonsumsi alga cokelat yang kaya kandungan senyawa fucoidan maka bisa membuat sel-sel saraf yang rusak pada pasien stroke bisa dilakukan regenerasi dan memulihkan fungsi organ yang rusak.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti telah melakukan uji coba kepada tikus yang terkena stroke. Dalam setiap harinya peneliti memberikan cairan alga cokelat itu kepada tikus. Hasilnya adalah setelah seminggu tikus tersebut bisa kembali berjalan.

Meskipun demikian, penelitian ini masih memerlukan kelanjutan apakah benar-benar aman jika dikonsumsi oleh manusia. Untuk itu sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda dalam menggunakan obat herbal yang bisa membantu penyembuhan penyakit.

Baca Juga  Mengapa Minum Teh Saat Sahur Kurang disarankan ?

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *