Mampukah Otak Manusia Berkembang Pada Usia Dewasa ?

header niko 728 x 90

otak manusia

InspirasiBersama.com – Mampukah otak manusia berkembang pada usia dewasa ?. Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa pada masa anak-anak sampai remaja otak manusia akan berkembang. Selanjutnya saat memasuki usia dewasa otak tidak akan bisa berkembang. Namun ternyata berdasarkan sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa pada usia dewasa otak manusia masih bisa membuat jalur-jalur baru yang bisa menciptakan neuron pada otak.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan produksi sinaps atau hubungan antara sel dalam otak misalnya rutin melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari serta banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan tinggi.

Namun ternyata bukan dua hal itu saja yang bisa meningkatkan kemampuan otak kita pada usia dewasa, diantaranya adalah :

Baca Juga  Pengen Tahu Jenis Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Jantung ?

1. Berpuasa
Tahukah kita bahwa melakukan puasa ternyata bisa membantu otak kita untuk lebih banyak membuat jalur sel baru otak yang membuat fungsi otak kita meningkat seperti penurunan fungsi saraf yang disebabkan karena faktor penuaan.

2. Bepergian
Sering melakukan bepergian ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Saat kita mendapatkan rangsangan lingkungan yang baru, maka secara alami akan merangsang bagian ujung neuron yang disebut dengan dendrit. Untuk itu sangat disarankan untuk lebih sering melakukan bepergian ke kota-kota yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

Baca Juga : Manfaat Tetap Sibuk di Usia Tua Bagi Ketajaman Otak

3. Belajar musik
Tidak dapat dipungkiri bahwa sering bermain alat musik membuat seseorang lebih memiliki otak yang sehat. Hal ini dikarenakan saat kita bermain musik, maka harmonisasi antara gerakan motorik dan visual akan merangsang otak kita untuk membentuk jaringan baru.

Baca Juga  Benarkah Teh Celup Kurang Baik Bagi Kesehatan ?

4. Menggunakan tangan non-dominan
Bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan otak meskipun usia dewasa adalah dengan cara sering menggunakan tangan non-dominan untuk beraktivitas. Misalnya anda terbiasa menulis dengan menggunakan tangan kanan, maka cobalah untuk menulis dengan tangan kiri. Kebiasaan menggunakan anggota gerak yang non-dominan untuk beraktivitas maka membuat rangsangan kepada otak agar menciptakan jalur saraf baru.

5. Membaca fiksi
Sering membaca sebuah novel fiksi ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak pada usia dewasa.

6. Mempelajari kata baru
Cobalah untuk belajar kata-kata baru setiap hari agar fungsi memori dan saraf otak kita bisa berkembang. Hafalkan satu kata baru setiap harinya akan membuat memori otak kita terlatih dan meningkatkan kemampuaanya.

Baca Juga  Penyebab Kegemukan Setelah Menikah

7. Seni dan kerajinan
Sering melakukan kegiatan seni misalnya menggambar, membuat kerajinan tangan dan lainnya ternyata membuat kemampuan motorik dan kognitif otak meningkat. Bagi kebanyakan orang kebiasaan ini dianggap sepele, namun ternyata sangat bagus bagi otak kita pada usia dewasa.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *