Malas Minum Susu Sapi ! Ganti Dengan 5 Susu Nabati Ini

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebuah kenyataan ada beberapa orang yang sulit untuk mengkonsumsi susu sapi. Hal ini bisa disebabkan karena adanya alergi atau memang tidak suka dengan rasanya. Bagi anda yang tergolong orang yang tidak suka minum susu sapi, maka ada alternatif lain susu nabati. Namun banyak pertanyaan apakah susu nabati ini menyehatkan dan sama besar manfaatnya dengan susu sapi ?

 

Berikut 5 jenis susu nabati pengganti susu sapi dan manfaatnya terhadap kesehatan :

Baca Juga : Apakah Yang dimaksud Dengan Susu Organik ?

susu-almond

sumber gambar : www.merdeka.com

Susu almond

Jenis susu nabati pertama yang bisa menggantikan susu sapi adalah susu almond. Jenis susu yang terbuat dari kacang almond ini ternyata mempunyai manfaat yang tidak kalah dengan susu sapi. Hal ini disebabkan karena susu ini kaya akan kandungan vitamin E dan juga rendah kalori dan rendah lemak juga.

 

Jika anda memilih jenis susu almond, maka disarankan untuk yang tanpa kandungan gula tambahan. Ada lagi hal yang unik yang terdapat pada susu almond. Meskipun terbuat dari kacang almond, namun susu ini hanya mengandung sedikit jumlah protein.

Baca Juga  Disfungsi Ereksi Mempunyai Dua Jenis Yang Berbeda

 

Susu kacang mete

Jenis susu nabati kedua yang bisa menggantikan susu sapi adalah mengkonsumsi susu kacang mete. Banyak orang mengatakan kalau jenis susu ini paling mirip dengan susu sapi. Namun pada susu olahan kacang mete telah mendapatkan banyak nutrisi tambahan seperti aneka vitamin seperti D, A, B12 dan kalsium.

 

Mungkin susu jenis ini terbilang masih jarang kita temui. Susu nabati yang terbuat dari kacang mete ini juga memiliki kelebihan hanya mengandung sedikit kalori dan lemak sehingga aman bagi kamu yang sedang diet berat badan.

 

Susu beras

Susu nabati selanjutnya yang mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan adalah susu beras. Dengan bahan dasar terbuat dari beras, maka otomatis susu nabati ini kaya akan kandungan vitamin B dan magnesium.

Baca Juga  Suka Minum Green Tea Bisa Menyebabkan Seorang Wanita Susah Hamil

 

Namun bagi anda yang sedang menderita diabetes atau sedang diet, tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu jenis ini. Mengapa demikian ? Karena kandungan tepung yang tinggi sehingga susu ini kaya akan kandungan karbohidrat yang apabila kita konsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan resiko meningkatnya kadar gula darah.

 

Susu kelapa

Jenis susu nabati yang ke empat yang bisa menggantikan susu sapi adalah jenis susu kelapa atau banyak orang mengenal dengan santan. Kita tahu bahwa santan atau susu kelapa kaya akan kandungan vitamin, zat besi, serat serta lemak sehat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 

Para ahli mengatakan bahwa jika kita mengkonsumsi susu kelapa ini, maka akan bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Jadi minum susu ini sangat bagus bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

 

Susu kedelai

Jenis susu nabati yang terakhir yang paling banyak kita kenal adalah susu kedelai. Kandungan susu kedelai dengan susu sapi mengandung jumlah protein yang sama. Namun ada kelebihan pada susu kedelai yaitu hanya mengandung sedikit gula dan phytoestrogen yang sangat bagus dalam hal penyerapan kalsium.

Baca Juga  Melakukan Olahraga Berenang Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan Otak

 

Namun susu kedelai bukan hanya memiliki kelebihan saja, susu nabati jenis ini juga dikenal dengan susu yang membuat keseimbangan hormon seks seseorang menjadi kurang seimbang. Hal ini bisa terjadi baik bagi pria maupun wanita yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu para ahli sangat menyarankan untuk tidak mengkonsumsi susu jenis ini dalam jumlah yang terlalu banyak.

Artikel Terkait : Benarkah Kebiasaan Minum Susu Bisa Memicu Obesitas ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *