Makanan Yang Wajib dikonsumsi Oleh Anda Yang Merokok Untuk Selamatkan Paru-paru

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sudah bukan rahasia lagi kalau jenis makanan buah dan sayuran kaya manfaat bagi kesehatan manusia. Bukan hanya menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung saja, tetapi juga sangat bagus bagi anda yang mempunyai kebiasaan merokok untuk menyelamatkan paru-paru.

Untuk menurunkan resiko penyakit COPD atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit paru obstruktif kronik, maka sangat disarankan untuk lebih banyak konsumsi buah dan sayuran. Semakin banyak anda mengkonsumsinya akan semakin baik.

sumber gambar : Okezone.com

COPD merupakan akibat yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Sebenarnya bukan hanya itu saja, merokok juga bisa memicu berbagai penyakit pernapasan lain seperti bronkhitis dan emfisema.

Baca Juga  Kebiasaan di atas Tempat Tidur Dapat Mempercepat Keriput

Baca Juga : Beberapa Kebiasaan Yang Sama Buruknya Dengan Merokok

Dengan semakin banyaknya pengguna rokok diseluruh dunia, maka WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia memprediksi COPD sebagai penyakit ketiga yang menyebabkan kematian diseluruh dunia.

Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan selama 13 tahun dengan melibatkan 44.335 peserta dengan rentan usia 45 sampai 79 tahun. Dalam penelitian tersebut para peneliti berusaha mencari tahu kebiasaan merokok dan pola makan yang dilakukan peserta.

Hasilnya adalah para peneliti menemukan bahwa seorang pria yang merokok dan jarang atau kurang mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak dua porsi dalam sehari, maka meningkatkan resiko terkena COPD sampai dua kali lipat.

Baca Juga  Benarkah Dengan Naik ‘Roller Coaster’ Bisa Mengeluarkan Batu Ginjal ?

Kondisi ini berbeda dengan pria yang mampu mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak atau lebih dari lima porsi dalam sehari yang lebih rendah resikonya terkena COPD.

Menurut para peneliti, bila anda mampu meningkatkan satu porsi asupan buah dan sayuran dalam sehari, maka bisa menurunkan resiko COPD sampai 4-8 persen. Kondisi ini bisa berlaku jika anda mampu menghentikan kebiasaan merokok.

Memilih jenis buah dan sayuran yang dikonsumsi juga menjadi hal yang sangat penting. Disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung lebih banyak antioksidan seperti buah apel, pir, dan sayuran hijau. Zat antioksidan mampu mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi resiko stres aksidatif yang disebabkan karena kebiasaan merokok.

Baca Juga  Ketahui Alasan Diabetes Lebih Sering Menyerang Orang Asia

Jadi kesimpulan untuk menurunkan resiko terjadinya COPD, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok selamanya. Setelah itu anda bisa meningkatkan dengan banyak konsumsi buah dan sayuran.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Olahraga Berenang Mempunyai Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *