Makanan Yang Berwarna Ungu Mempunyai Banyak Manfaat Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selain diprediksi menjadi makanan yang ngetren di tahun 2017, makanan yang berwarna ungu juga mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Makanan ungu banyak terdapat pada jenis buah dan sayuran.

Buah dan sayuran yang berwarna ungu akan sangat menarik untuk dilihat. Beberapa contohnya adalah buah yang berwarna ungu. Berikut beberapa manfaat besar makanan yang berwarna ungu bagi kesehatan :

sumber gambar : http://www.medicalnewstoday.com/

1. Menurunkan Risiko Kanker
Manfaat kesehatan pertama makanan yang berwarna ungu adalah bisa menurunkan resiko penyakit kanker. Beberapa contoh hasil studi yang dilakukan University of Porto menyebutkan kalau buah yang berwarna ungu sebagai contoh blueberry bisa menghindarkan kita terkena penyakit kanker payudara. Dalam studi lain juga disebutkan bahwa blueberry sangat bagus bagi penderita kanker prostat karena bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga  Manfaat Bermain Golf Bagi Kesehatan

Dalam studi tersebut diketahui kalau blueberry kaya akan kandungan antosianin yang merupakan antikosidan yang sangat efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker. Hal yang sama juga terdapat pada beras hitam.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Ohio State Universiy menyatakan bahwa jagung ungu kaya akan kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk membunuh kanker usus besar.

Baca Juga : Manfaat Terong Bagi Kesehatan

2. Anti-penuaan
Manfaat kesehatan kedua buah dan sayuran yang berwarna ungu adalah bisa sebagai zat anti penuaan. Berbicara tentang penuaan dini, maka erat kaitannya dengan radikal bebas. Dengan banyak makan-makanan yang berwarna ungu, maka akan ada banyak antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa disebabkan karena paparan sinar matahari.

Baca Juga  Manfaat Black Garlic Untuk Mencegah Kanker

Dengan kemampuan menangkal radikal bebas, maka akan membuat kulit kita tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini. Kulit anda akan terlihat lebih kencang dan segar alami.

3. Mencegah obesitas
Manfaat selanjutnya adalah bisa mencegah kita terhadap resiko obesitas. Dalam banyak penelitian disebutkan kalau buah maupun sayuran yang berwarna ungu hanya sedikit kandungan kalori.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa para tikus yang tidak mendapatkan makanan yang berwarna ungu seperti ubi jalar mengalami kenaikan berat badan. Ternyata kandungan antosianin pada ubi jalar mampu melakukan kontrol pada hormon leptin yang berfungsi mengontro nafsu makan.

4. Menguatkan otak
Tahukah kita bahwa berdasarkan hasil penelitian menyebutkan kalau orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang berwarna ungu berdampak positif bagi kemampuan kognitif otak. Dalam penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Annals of Neurology dengan melibatkan 16.000 orang.

Baca Juga  Dampak Buruk Suka Minum Kopi Instan Bagi Kesehatan

5. Melindungi jantung
Manfaat kelima makanan yang berwarna ungu adalah menjaga kesehatan pembuluh darah dan tentunya jantung. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi mampu meremajakan jaringan yang rusak pada pembuluh darah dan jantung.

Artikel Terkait : Ternyata Ubi Ungu Kaya Akan Kandungan Antioksidan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *